Dark/Light Mode

Wisuda Sarjana UNPERBA, Bamsoet Motivasi Wisudawan Semangat Meraih Impian

Jumat, 15 September 2023 10:39 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) menghadiri wisuda sarjana Universitas Perwira Purbalingga, Kamis (14/9). (Foto: Istimewa).
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) menghadiri wisuda sarjana Universitas Perwira Purbalingga, Kamis (14/9). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi lulusan sarjana Universitas Perwira Purbalingga (UNPERBA) yang baru diwisuda telah memiliki pekerjaan serta usaha rintisan sejak masih duduk di bangku kuliah. Dari 96 wisudawan angkatan pertama UNPERBA, 53 lulusan sudah mendapatkan pekerjaan. Sementara, 21 wisudawan mempunyai usaha rintisan (start up) dengan omzet minimal Rp 5 juta per bulan.

"Bagi wisudawan yang belum bekerja, jangan berkecil hati. Apalagi berpikir akan susah mendapatkan pekerjaan karena lulusan sarjana dari kampus yang baru berdiri serta belum terkenal. Selama kita memiliki kemauan dan kemampuan, persaingan di dunia kerja akan mampu kita hadapi," ujar Bamsoet, saat Wisuda Sarjana UNPERBA, di Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis (14/9).

Baca juga : Sosialisasi 4 Pilar MPR di UNPERBA, Bamsoet Ingatkan Ancaman Degradasi Moral

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga mengingatkan, jangan puas diri hanya sampai jenjang S1. Jika memungkinkan sambil bekerja tingkatkan ke S2 hingga S3. Bamsoet pun mencontohkan dirinya yang juga terus belajar.

"Saat ini, walaupun saya sudah berhasil meraih Doktor Ilmu Hukum dari UNPAD dan S1 Hukum, tapi saya tetap belajar dan kuliah S2 ilmu hukum lagi agar dapat meraih Magister Hukum. Mengapa? Karena saya ingin keilmuan hukum saya linier dari S1 hingga S3, mengingat S1 dan S2 saya sebelumnya adalah ekonomi," terangnya.

Baca juga : Wisuda UNPERBA, Bamsoet Dorong Peningkatan Kualitas Perguruan Tinggi

Ketua DPR ke-20 ini memaparkan, kegalauan memasuki dunia kerja sempat pula menghampiri dirinya 40 tahun lalu usai meraih gelar sarjana dari Universitas Jayabaya Jakarta. Lulus sebagai sarjana ekonomi, Bamsoet justru bekerja sebagai wartawan di Harian Prioritas milik Surya Paloh. Selama menjadi wartawan, ia banyak bertemu para tokoh politik dan pengusaha seperti Aburizal Bakrie, Akbar Tandjung, Agung Laksono, Siswono Yudohusodo, Fadel Muhammad, dan lain-lain. Dari mereka Bamsoet kemudian mulai belajar dunia bisnis dan kemudian dunia politik.

"Pada tahun 1987 Harian Prioritas tempat saya bekerja ditutup oleh pemerintah. Naluri bisnis saya pun tergelitik, dengan memberanikan diri mendirikan majalah Info Bisnis. Saat itu diperlukan deposit sekitar Rp 1 miliar yang tidak boleh dipakai selama satu tahun penerbitan sebagai syarat mendirikan media massa. Saya pun menghubungi para pengusaha yang pernah menjadi narasumber, antara lain Pak Aburizal Bakrie, Pak Agung Laksono, dan Pak Fadel Muhammad, untuk mendapatkan modal pendirian majalah Info Bisnis. Alhamdulillah mereka mau membantu sebagai personal garanti memperoleh pinjaman modal yang dibutuhkan dari bank," terang Bamsoet.

Baca juga : Menko PMK: Wirausaha Syarat Mutlak Atasi Minimnya Lapangan Kerja Formal

Kepala Badan Polhukam KADIN Indonesia ini memaparkan, karena banyak berhubungan dengan para pengusaha yang juga anggota Partai Golkar, ia pun akhirnya terjun ke dunia politik. Ternyata, untuk duduk sebagai anggota legislatif di DPR tidaklah mudah. Bamsoet empat kali mengikuti Pemilu dan selalu gagal. Baru pada Pemilu 2009, ia berhasil menjadi anggota DPR dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah VII yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara.

"Kegagalan pada berbagai Pemilu tidak membuat saya putus asa. Justru dari kegagalan itulah, saya kemudian memiliki waktu untuk mengembangkan berbagai usaha. Begitu juga dengan para wisudawan UNPERBA hari ini. Jika kalian optimis akan sukses seperti yang dibayangkan, maka suatu saat impian tersebut akan terwujud dan kalian akan menjadi orang yang sukses. Jangan pernah putus asa dan terus berusaha keras meraih impian," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.