Dark/Light Mode

KWP Awards 2023

Sultan Najamudin Sabet Penghargaan Senator Kritis Dan Pro Demokrasi

Senin, 2 Oktober 2023 20:48 WIB
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah DPD RI Sultan B Najamudin. Foto: Istimewa
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah DPD RI Sultan B Najamudin. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin meraih penghargaan sebagai Senator Kritis dan Pro Demokrasi dalam Koordanitoriat Wartawan Parlemen (KWP) Awards 2023. Ada tiga klaster penghargaan dalam KWP Awards tahun ini yakni: Legislator, Senator dan Mitra Parlemen.

Usai menerima penghargaan, Sultan menyatakan, DPD selalu berupaya menjaga dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi. Yakni dengan menjaga prinsip check and balance di antara lembaga negara lainnya.

"DPD RI secara kelembagaan selalu konsisten menjaga nilai-nilai demokrasi Pancasila," kata Sultan kepada wartawan, Senin (2/10).

Baca juga : ACM Logistics Sabet Penghargaan HSE Month of Operation

Bagi Sultan, penghargaan dari wartawan parlemen adalah pengingat moral sebagai wakil daerah di Senayan untuk terus bekerja lebih baik lagi.

Sebagai wakil masyarakat daerah yang diamanahkan menjadi pimpinan lembaga DPD RI, harus selalu mawas diri dalam menjalankan tugas-tugas konstitusional secara konsisten.

Mantan Wakil Gubernur Bengkulu ini yakin, KWP memiliki penilaian dan kajian yang objektif dalam menentukan nominator penghargaan.

Baca juga : Relawan Ganjar Kukuhkan Tim Pemenangan Sektor Buruh Tani Dan Pekerja Seni

Dia pun mengapresiasi upaya KWP dalam melakukan kontrol dan meneropong kinerja senator selama ini. Sebagai sesama pilar demokrasi, lanjutnya, KWP dan DPD RI harus saling mendukung dan menguatkan dalam meningkatkan kualitas demokrasi Indonesia.

"Menjadi pers yang objektif dan legislator yang kritis adalah dua hal yang langka di era demokrasi liberal," tambahnya lagi.

Lebih lanjut, Sultan berharap, lembaga pers parlemen dan DPD berharap KWP juga bertanggung jawab memberikan informasi dan edukasi politik bagi masyarakat.

Baca juga : Menteri Hadi Tjahjanto Sabet Penghargaan Tokoh Inovatif

"Salah satunya melalui mekanisme kontrol yang diwujudkan dalam bentuk penghargaan kepada publik figur yang dinilai signifikan dalam menjalankan tugas-tugas konstitusionalnya," tandas Sultan.

KWP Awards merupakan bentuk apresiasi sekaligus kritik wartawan parlemen kepada legislator, senator, hingga mitra parlemen. Penerima awards disaring berdasarkan masukan dari jurnalis senior, organisasi pers dan akademisi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.