Dark/Light Mode

Wakil Ketua MPR Ajak Dunia Dukung Perdamaian Palestina-Israel

Rabu, 18 Oktober 2023 20:54 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Istimewa
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengajak negara-negara di dunia mendukung percepatan perdamaian Palestina-Israel. Sebab, dunia yang damai memungkinkan upaya pemulihan dan kebangkitan ekonomi menuju kesejahteraan umat manusia.

"Perang Hamas-Israel selain menimbulkan persoalan kemanusiaan juga berdampak pada relasi antarnegara dan perekonomian global," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat pada sambutan tertulisnya saat diskusi daring bertema Dampak Global Perang Hamas-Israel yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (18/10/23).

Diskusi yang dimoderatori Luthfi Assyaukanie (Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI) itu, menghadirkan Prof. Dr. Hj. Siti Ruhaini Dzuhayatin (Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden/KSP), Adam Mulawarman Tugio (Duta Besar RI untuk Pakistan dan Staf Ahli Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Kementerian Luar Negeri RI) dan Broto Wardoyo (Dosen Hubungan Internasional, Universitas Indonesia) sebagai narasumber. Selain itu, hadir pula Muhammad Farhan (Anggota Komisi I DPR-RI) sebagai penanggap.

Baca juga : Hentikan Perang Hamas-Israel

Karena itu, menurut Lestari, perang dalam bentuk apa pun tidak dibenarkan. Selain merugikan kedua belah pihak, tambah dia, perang juga memberikan dampak signifikan pada perkembangan dunia.

Konflik di Timur Tengah, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, secara menyeluruh memberikan dampak ketakutan pada dunia, karena wilayah ini merupakan pemasok energi dan jalur pelayaran utama global.

Diakui, tambah Rerie yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah itu, perekonomian dengan upaya kebangkitan dan pemulihannya menjadi salah satu kerentanan dunia global pasca-pandemi.

Baca juga : Demo Dukung Palestina Merdeka Kian Menggema

Selain itu, jelas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, perekonomian dunia masih belum pulih dari inflasi yang diperburuk oleh konflik Rusia-Ukraina tahun lalu.

Salah satu antisipasi dalam perkembangan dunia, menurut Rerie, adalah intersepsi kecanggihan teknologi dalam persenjataan yang menyebabkan banyak korban berjatuhan dalam suatu konflik.

"Inilah salah satu kekhawatiran di dunia modern, dunia yang semakin kehilangan nilai dan tidak lagi menghargai kemanusiaan," pungkas Rerie.

Baca juga : Geopolitik Indonesia Konflik Palestina Versus Israel

 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.