Dark/Light Mode

Geopolitik Indonesia Konflik Palestina Versus Israel

Senin, 16 Oktober 2023 06:55 WIB
Prof. Dr. Ermaya Suradinata
Prof. Dr. Ermaya Suradinata

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia mendukung Pales­tina. Diwakili Menteri Luar ­Negeri RI Retno Marsudi saat berpidato di Sidang Majelis Umum ke-78 PBB di New York, Amerika Serikat, Sabtu (23/9/2023), kepastian du­kungan itu jelas dengan ketegasan: “Indo­nesia tidak akan mundur sedikitpun dalam dukungan kami untuk negara Palestina.”

Sesungguhnya Indonesia telah lama mendukung perjuangan rakyat Palestina ­untuk mendapatkan kemerdekaan dan hak-haknya. Dukungan ini didasarkan pada nilai-nilai solidaritas, kemanusiaan, dan agama. Sebagai negara mayo­ritas Muslim, Indonesia sering mengecam tindakan Israel yang dianggap sebagai pelanggaran hak asasi manusia di Palestina.

Baca juga : ICMI DKI Harap Pemerintah Proaktif Redam Konflik Israel-Palestina

Sikap Indonesia terhadap konflik Palestina dan Israel selama bertahun-tahun telah tetap konsisten. Indonesia secara aktif mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk mencapai kemerdekaan dan hak-hak mereka. Indonesia secara konsisten dan tegas mendukung hak kemerdekaan Palestina, dan mengecam tindakan yang dianggap sebagai pelanggaran hak asasi manusia di wilayah Palestina.

Hal ini mencakup seruan ­untuk penarikan pasukan ­Israel dari wilayah pendudukan, pendirian negara Palestina ber­daulat ­dengan batas 1967, dan hak bagi pengungsi Palestina untuk kembali ke tanah mereka. Indonesia menganggap konflik ini sebagai konflik yang melibatkan aspek hak asasi manusia dan hukum internasional.

Baca juga : Maverick Indonesia Umumkan 5 Partner Baru Perusahaan

Untuk itu Indonesia aktif pula dalam upaya diplomasi internasional guna mencari solusi damai terhadap konflik tersebut. ­Dengan demikian Indonesia telah berpartisipasi dalam ber­bagai forum internasional, termasuk PBB dan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), untuk memediasi dan mendukung inisiatif perdamaian. Upaya diplomasi ini mencerminkan komitmen Indonesia untuk mencapai perdamaian yang berkelanjutan di Timur Tengah.

Termasuk pula saat Indonesia mendukung berbagai resolusi PBB yang menekankan hak-hak rakyat Palestina, dan mengu­tuk tindakan yang dianggap ilegal oleh Israel di wilayah pendudukan Palestina. Sikap Indonesia dalam forum internasional, seperti Majelis Umum PBB, mencerminkan dukungan kuat terhadap Palestina. Serta Indonesia mengukuhkan pula jalur-jalur diplomasi diperkuat untuk menadi solusi penyelesaian. Dalam konteks konflik Palestina-Israel, Indonesia juga menilai bahwa diplomasi adalah salah satu alat untuk mencari solusi damai terhadap konflik yang telah berlangsung lama tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.