Dark/Light Mode

Kembali Jadi Anggota Dewan HAM PBB

RI Bisa Serukan Perdamaian Dan Kemerdekaan Palestina

Sabtu, 14 Oktober 2023 07:20 WIB
Anggota Komisi I DPR Sukamta. (Foto: dok. DPR )
Anggota Komisi I DPR Sukamta. (Foto: dok. DPR )

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan mendorong Pemerintah Indonesia meningkatkan perannya di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Hal ini menyusul terpilihnya kembali Indonesia menjadi anggota Dewan Hak Azasi Manusia (HAM) di PBB.

Anggota Komisi I DPR Sukamta mengatakan, sebagai anggota Dewan HAM PBB, Indonesia dipercaya dunia untuk menegakkan HAM. “Negara-negara di dunia memberikan tanggung jawab kepada Indo­nesia untuk menjunjung tinggi penegakan HAM di dunia inter­nasional,” ujarnya.

Baca juga : Relasi Tuhan dan Alam: Keberadaan Tuhan (9): Perspektif Agama Hindu (3)

Sebagaimana diketahui, Indo­nesia kembali terpilih menjadi anggota Dewan HAM PBB pada sidang Majelis Umum PBB yang berlangsung di New York, Selasa (10/20). Dalam forum tersebut, Indonesia mendapat dukungan sebanyak 186 suara dari 192 negara yang hadir pada di Markas Besar PBB tersebut. Dengan meraih suara terbanyak, Indonesia untuk keenam kalinya terpilih menjadi Anggota Dewan HAM PBB.

Sukamta memberikan selamat atas pencapaian tersebut. Dia pun meminta agar posisi strategis ini, harus dimaksimalkan dalam rangka menyelesaikan persoalan-persoalan HAM di dunia. Hal ini tertuang dalam amanat Konstitusi UUD 1945 yang menyerukan agar Indone­sia terlibat dalam mewujudkan perdamaian dunia.

Baca juga : Menteri Hadi Tjahjanto Pastikan Kedaulatan Dan Kesejahteraan Masyarakat Adat

“Indonesia ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Maka per­juangan pendiri bangsa ini harus diwujudkan dalam membuat du­nia lebih damai dan pelanggaran HAM menurun,” ungkap politisi Fraksi PKS ini.

Diakuinya, tantangan Indo­nesia sebagai negara anggota Dewan HAM PBB sangat berat. Namun diyakini, Pemerintah Indonesia dapat berkontribusi besar dalam menghadirkan pe­rubahan dan mewujudkan per­damaian dunia.

Baca juga : Wapres Kawal Langsung Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Papua

Dia pun mengapresiasi Ke­menterian Luar Negeri (Ke­menlu) beserta duta besar dan diplomat-diplomat Indonesia lainnya atas kerja-kerja diploma­tik selama ini. Sehingga, peran Indonesia di dunia Internasional semakin diperhitungkan dan memberikan dampak bagi Indo­nesia dan dunia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.