Dark/Light Mode

Soal Video Tak Disalami Mega, Paloh Terbahak-bahak

Kamis, 3 Oktober 2019 10:47 WIB
Surya Paloh. (Foto : Istimewa)
Surya Paloh. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri tertangkap kamera memalingkan muka saat diajak salaman Surya Paloh. Video yang merekam momen tersebut dengan cepat viral di medsos. Paloh tak ingin terbawa suasana kejadian tersebut. Ketum Nasdem itu menanggapinya dengan tertawa terbahak-bahak.

Kejadian Megawati dan Paloh itu terekam dalam video tayangan acara pelantikan anggota DPR yang disiarkan salah satu stasiun televisi swasta nasional, Selasa lalu. Di acara itu, memang tak semua wartawan dapat masuk ke ruang acara. Hanya kamerawan televisi dan fotografer yang diperbolehkan.

Kejadian bermula saat Mega memasuki area VIP, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta. Berkebaya merah, berselendang putih, dan bersanggul, Mega tampak anggun berjalan. Para tamu yang sudah hadir langsung berdiri menyambut Mega untuk memberi salam.

Kepada mereka, Mega melemparkan senyum ramah dan menyalami petinggi parpol yang hadir. Sosok pertama yang berdiri menyapa Mega adalah Komandan Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. Putra SBY itu membungkuk sambil menangkupkan kedua tangan dengan maksud memberi hormat. Mega yang melihat gestur AHY tampak membalasnya dengan mengangguk dan tersenyum. Namun, Mega tak merespon ketika AHY menjulurkan tangan untuk salaman.

Baca juga : Rel Dikerubuti Warga, KRL Tak Bisa Melintas Stasiun Palmerah

Mega malah menyambut tangan Rizal Mallarangeng. Mega terus berjalan. Saat di depan Paloh, Mega lalu memalingkan mukanya. Paloh yang tadinya berdiri akhirnya memilih duduk.

Wajahnya masam. Mega kemudian menyalami Ketum PPP Suharso Monoarfa yang berjalan dari arah belakang langsung. Kejadian itu dihubungkan dengan panas dingin hubungan Mega dan Paloh pada Juli lalu.

Paloh dianggap membuat poros sendiri dengan mengundang tiga ketua umum partai koalisi Jokowi ke kantornya di Gondangdia, Jakarta Pusat. Bagaimana tanggapan Paloh? Bos Media Grup itu menanggapinya dengan santai. “Tanggapan saya, saya ketawa saja,” kata Paloh, di Gedung DPR, Jakarta, kemarin.

Paloh mengaku tak memiliki masalah personal dengan putri proklamator Sukarno itu. “Hubungan saya dengan bu Mega, kalau dari saya pasti baik-baik saja lah, baguslah. Mbak Mega kan udah 40 tahun saya berteman,” katanya.

Baca juga : Paling Telat 2024, Pusat Pemerintahan Sudah Pindah

“Dari saya tidak ada masalah personal,” ujarnya. Politikus PDIP Hendrawan Supratikno menilai sikap Mega saat itu wajar saja. Sebab, saat itu suasana dalam ruang rapat sangat ramai. “Ini kan diframe seakan-akan ada rivalitas antara PDIP dan gitu, kan,” kata Hendrawan di Gedung DPR, kemarin.

Kata dia, Mega juga sering melakukan hal semacam itu saat suasana ramai di acara DPP PDIP. Dia menegaskan, hubungan Megawati dan Paloh masih baik-baik saja. Bahkan, masih sempat menghubungi satu sama lain. “Enggak ada apa-apa orang lagi jalan, dipanggil kanan-kiri. Saya juga sering,” ucapnya.

Ketua DPP Nasdem, Martin Manurung menilai, Megawati tidak sengaja melewati Surya Paloh. “Enggak usah terlalu dibesar-besarkan lah, yang penting dan Pak Surya juga kan sudah menunjukkan gestur berdiri kan, Ibu Megawati pas lihat ke kiri. Nasdem selalu berprasangka baik,” kata Martin.

Ketua DPP Demokrat, Jansen Sitindaon menilai, tak ada yang perlu digunjingkan dalam video itu. Semua baik-baik saja. Menurut dia, tidak fair mengukur sesuatu menggunakan video sepotong yang hanya beberapa detik itu. Apalagi di situasi ramai di mana fokus orang terhadap sekitar bisa saja kurang.

Baca juga : Peran TNI dalam Penanganan Papua Sudah Tepat

Menurut Jansen, momen kikuk itu terjadi karena situasi yang kurang tepat saja. Kata kalau dilihat baik-baik dalam video itu AHY mau salaman dengan Bu Mega. Tapi Mas AHY terlambat berdiri, jadi sudah terlanjur salaman dengan Pak Rizal. “Tapi Bu Mega kan sudah sempat senyum sama AHY. Senyum hangat. Jadi semua baik baik saja,” jelas Jansen.

Dia juga meyakini Megawati sedang dalam situasi bahagia saat itu. “Jadi tidak mungkinlah orang yang hatinya sedang senang begitu tidak hangat ke orang. Dan beberapa waktu belakangan ini hubungan Demokrat dengan PDIP juga kan baik-baik saja. Sangat baik malahan. Jadi tidak ada masalah ya,” tuturnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.