Dark/Light Mode

Pembangunan Bandara VVIP IKN Dimulai

Semoga Tahun Depan Sudah Bisa Difungsikan

Rabu, 8 November 2023 07:20 WIB
Petugas berjaga di area ground breaking Bandara Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023). Pembangunan bandara yang dapat didarati pesawat besar itu diprediksi beroperasi pada Desember 2024 guna mendukung konektivitas di Ibu Kota Nusantara. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa).
Petugas berjaga di area ground breaking Bandara Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023). Pembangunan bandara yang dapat didarati pesawat besar itu diprediksi beroperasi pada Desember 2024 guna mendukung konektivitas di Ibu Kota Nusantara. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa).

 Sebelumnya 
“(Pelabuhan) ini sangat penting juga untuk supporting ter­kait logistik maupun penumpang untuk PPU. Kami berharap bisa dilaksanakan karena Pemda-nya sudah menyiapkan semua syarat­nya,” ujarnya.

Dia juga berharap, pembangunan IKN memperhatikan keberlangsungan lingkungan terutama di Balikpapan (Kal­tim). Sebab, hadirnya IKN ini berimbas kepada rusaknya eko­sistem di Teluk Balikpapan.

Apalagi sudah ada rencana untuk pembangunan stasiun limbah yang akan dilaksanakan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP). Rencananya stasiun limbah ini dilaksanakan tahun ini.

“Tujuan dan rencana Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini sangat bagus, terobosan adanya stasiun limbah. Karena di sini ada pertamina yang dulu sudah pernah bocor dan terjadi pencemaran terkait Teluk Balik­papan. Saya berharap program ini bisa dilanjutkan. Kalau tidak bisa tahun ini, ya tahun 2024,” katanya.

Baca juga : Tiga Bandara AP1 Raih Penghargaan Dari INACA

Sementara, anggota Komisi V DPR Hamka B Kadi mendu­kung upaya Kementerian Perhubungan mempercepat realisasi anggaran hingga akhir tahun 2023.

Percepatan realisasi ini sangat penting, mengingat waktu makin singkat di mana sudah memasuki minggu kedua November.

“Saya sudah membaca dan Pak Menteri juga sudah meng­hayati dan melihat itu, sehingga saya melihat ada upaya percepatan pelaksanaan anggaran,” kata Hamka.

Karena itu, dia menilai empat kebijakan Menhub Budi Karya untuk mempercepat realisasi anggaran di kementeriannya sudah tepat.

Baca juga : Pengawasan Pemilu Bisa Tumpul Dong Nih

Adapun empat kebijakan tersebut, pertama, kedisiplinan dalam melaksanakan rencana kegiatan. Kedua, melaksanakan akselerasi.

“Ini saya setuju dan ada lang­kah konkret yang yang harus dilaksanakan sesingkat-singkat­nya,” tegasnya.

Ketiga, sambung anggota Fraksi Golkar ini, meningkatkan kualitas belanja melalui pening­katan efisiensi dan efektivitas.

Dan keempat melaksanakan monitoring.

Baca juga : Kecewa Putusan MK, Mahasiswa Sulawesi Selatan Demonstrasi Tolak Politik Dinasti

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 8/11/2023 dengan judul Pembangunan Bandara VVIP IKN Dimulai, Semoga Tahun Depan Sudah Bisa Difungsikan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.