Dark/Light Mode

Nilai Kepahlawanan Ratu Kalinyamat Dorong Perempuan Indonesia Bangkit

Sabtu, 11 November 2023 07:01 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepahlawanan Ratu Kalinyamat harus dimaknai sebagai bagian dari dorongan pada rangkaian perjuangan kaum perempuan untuk bangkit menjawab berbagai tantangan yang dihadapi saat ini.

"Masih banyak permasalahan dihadapi perempuan yang membutuhkan keberanian dari kaum perempuan sendiri untuk mengatasinya," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat terkait penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada Ratu Kalinyamat dari Jepara, Jawa Tengah, Sabtu (11/11/2024).

Kegigihan Ratu Kalinyamat memimpin perlawanan terhadap penjajah dengan armada maritim yang kuat, menggalang pakta perdagangan dan pertahanan dengan kerajaan-kerajaan di Nusantara serta membangun poros maritim, menurut Lestari, menggambarkan bahwa perempuan di Nusantara pada masa itu adalah manusia-manusia merdeka.

Baca juga : Asrinidevy: Teladani Nilai Perjuangan, Wujudkan Indonesia Emas

Setidaknya di Jepara saja, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, hingga saat ini memiliki tiga perempuan hebat yang berani yaitu Ratu Shima, RA Kartini dan Ratu Kalinyamat.

Belum lagi di Aceh, tambah Rerie, yang di masa lalu memiliki puluhan sultana yang memimpin perlawanan terhadap penjajah dan memakmurkan Tanah Rencong itu.

Jadi, tegas Rerie yang juga legislator dari Dapil II Jawa Tengah yang meliputi Demak, Kudus dan Jepara itu, masyarakat luas harus menyadari bahwa perempuan di Nusantara sejak masa lalu mampu berperan dalam menentukan arah kebijakan wilayah yang dipimpinnya.

Baca juga : Kadin Gandeng, IISIA Dongkrak Pertumbuhan Industri Manufaktur

Nilai-nilai kepahlawanan yang ditunjukkan Ratu Kalinyamat, menurut Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, harus mampu menyadarkan kaum perempuan, bahwa mereka mampu mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi, sama seperti kaum laki-laki.

Menurut Rerie, setelah Ratu Kalinyamat dianugerahi gelar Pahlawan Nasional tugas kita bersama untuk memasyarakatkan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sepak terjang Ratu dari Jepara itu.

Negeri ini, tegas Rerie, sangat membutuhkan teladan yang mampu menumbuhkan semangat untuk mengisi kemerdekaan, agar setiap anak bangsa diberi kesempatan, mau dan mampu berpartisipasi aktif dalam setiap proses pembangunan.

Baca juga : Uzbekistan Mau Cetak Sejarah Di Indonesia

Rerie juga mengapresiasi kegigihan masyarakat Jepara, para akademisi, dan sejumlah lembaga swadaya masyarakat yang sejak 1995 berupaya mengajukan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional dan berhasil ditetapkan Pemerintah pada tahun ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.