Dark/Light Mode

Dokumen Calon Panglima TNI Dinyatakan Lengkap

Jenderal Agus Diuji Hari Ini

Senin, 13 November 2023 07:20 WIB
Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid. (Foto: Dok. DPR RI)
Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid. (Foto: Dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi I DPR bakal menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan Calon Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto pada hari ini, Senin (13/11). Uji kelayakan dilaksanakan setelah syarat administasi calon pengganti Panglima TNI Laksamana Yudo Margono ini dinyatakan lengkap.

Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid mengatakan, pimpinan Komisi I DPR telah melakukan pemeriksaan terhadap fisik berkas administrasi Jenderal Agus. Pemeriksaan berkas selesai dan dinyatakan lengkap. “Saya menyampaikan bahwa syarat administrasi calon panglima TNI sudah lengkap,” jelasnya.

Namun sebelum uji kepatu­tan dan kelayakan dilakukan, pihaknya akan terlebih dahulu melakukan verifikasi administrasi. Dokumen yang akan di­verifikasi yakni riwayat hidup, Nomor Pokok Wajib Pajak, Kartu Identitas atau KTP, Kartu Keluarga. Lalu, Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara Ta­hun 2022, Surat Pemberitahuan Pajak Tahun 2022, dan surat keterangan sehat dari rumah sakit Pemerintah. “Kita akan periksa berkas fisik administrasi sebelum memulai fit and proper test,” ujarnya.

Baca juga : Bamsoet Terima Penghargaan Legal Politic Leadership HeyLaw International

Dalam kesempatan tersebut, Meutya juga angkat bicara ter­kait beredarnya foto perwira TNI bertemu dengan Gibran Rakabuming Raka yang diduga diunggah oleh salah satu tokoh sastrawan ternama. Meutya sendiri memastikan foto tersebut tidak benar.

Politisi Fraksi Golkar ini menyayangkan munculnya berita hoaks terkait perwira TNI Angkatan Darat yang ramai-ramai ke Solo untuk mendukung salah satu cawapres. Dia pun berharap ada klarifikasi dari pengunggah berita hoaks terse­but agar masalah klir. Jangan sampai kabar hoaks ini kemu­dian memicu keresahan ma­syarakat.

Meutya mengungkapkan, per­temuan perwira TNI tersebut dengan Gibran Rakabuming Raka terjadi September 2023 dalam rangka On the Job Training (OJT) Siswa Pendidikan Reguler Angkatan LXIII Seskoad dengan sasaran 10 Kodim di wilayah Kodam IV/Diponegoro.

Baca juga : DPR Jadwalkan Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Pekan Depan

“Saya kira pertemuan itu dalam kapasitas Mas Gibran sebagai Wali Kota Solo, jadi tidak ada hubungannya dengan politik apalagi soal capres dan cawapres,” ujarnya.

Meutya menegaskan, Komisi I DPR dalam kapasitas dan tugas­nya tentunya akan terus melaku­kan pengawasan terhadap TNI. Komisi I DPR telah membentuk Panja untuk pengawasan Pemilu terhadap mitra Komisi I DPR termasuk TNI.

“Saya yakin TNI akan ber­sikap profesional dalam tugas mendukung jalannya Pemilu 2024,” tegasnya.

Baca juga : Jenderal Agus Akan Diuji DPR

Bahkan jelang fit and proper test hari ini, ia meyakini TNI akan tetap netral dan akan terus memberikan jaminan keamanan pada Pemilu 2024. “Kita ingin seluruh masyarakat tenang dan bebas dalam memilih Calon Presiden-Calon Wakil Presiden, Calon Legislatif Pemilu 2024 nanti,” ujarnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 13/11/2023 dengan judul Dokumen Calon Panglima TNI Dinyatakan Lengkap, Jenderal Agus Diuji Hari Ini

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.