Dark/Light Mode

Dialog Dengan Rektor USU

Fadel Tekankan Link And Match Perguruan Tinggi Dan Dunia Kerja

Selasa, 14 November 2023 19:48 WIB
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad melakukan Kunjungan Kehormatan ke Universitas Sumatera Utara (USU) di Provinsi Sumatera Utara Sumut, Senin (13/11/2023).Foto: Istimewa
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad melakukan Kunjungan Kehormatan ke Universitas Sumatera Utara (USU) di Provinsi Sumatera Utara Sumut, Senin (13/11/2023).Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangkaian kunjungan kerjanya (Kunker) ke beberapa wilayah di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Senin (13/11/2023), Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad melakukan Kunjungan Kehormatan ke Universitas Sumatera Utara (USU).

Diterima Rektor USU Prof. Dr. Muryanto Amin di Ruang Kerjanya, di Kompleks Rektorat USU, Kota Medan, Sumatera Utara, Fadel Muhammad yang didampingi istri tercinta Hana Hasanah Shabah dan Anggota DPD RI Dapil Sumatera Utara Dr. Badikineta Sitepu ini menyampaikan beberapa hal.

Pertama, Fadel Muhammad menyampaikan apresiasinya atas peningkatan kualitas USU sebagai lembaga pendidikan tinggi yang terbesar di Sumut dan salah satu terbesar secara nasional, sekaligus sudah memiliki brand di tingkat internasional.

"Kami mengamati, banyak perubahan dan peningkatan kualitas tersebut terjadi di bawah kepemimpinan Rektor USU sekarang ini. Menurut saya, hal itu perlu didukung dan di dorong semua pihak," ujar Pimpinan MPR dari Kelompok DPD RI Dapil Gorontalo ini, usai pertemuan.

Baca juga : Pj Gubernur Sumsel Paparkan Pergeseran Anggaran untuk Tangani Karhutla

Guru Besar bidang Public Sector Entrepreneurship pada Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya ini mengungkapkan bahwa dengan melihat segala kualitas yang ada, USU bisa menjadi Leading University di Sumatera dan kemudian bisa merambah ke tingkat global.

Kedua, Fadel Muhammad berharap agar ke depan perguruan tinggi harus link and match dengan dunia kerja.

Keterkaitan antara lembaga pendidikan dengan dunia kerja ini, menurut Fadel Muhammad untuk kebutuhan saat ini dan di masa depan, tidak bisa diabaikan.

Ketiga, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI di era pemerintahan Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini, mengimbau agar pelajaran tentang Pancasila dan multikultural perlu dipertajam lagi di lembaga pendidikan tinggi dan secara umum di dunia pendidikan Indonesia.

Baca juga : Lestari: Segera Wujudkan Link And Match Sistem Pendidikan Dengan Dunia Kerja

Dalam kesempatan yang sama, Rektor USU mengucapkan terima kasih tas kunjungan kehormatan yang dilakukan Pimpinan MPR RI Fadel Muhammad.

Apalagi, Kunjungan ini sangat berkualitas yakni membahas tentang bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

"Peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia harus kita upayakan semaksimal mungkin. Sebab, jika perguruan tinggi di Indonesia sudah masuk 500 teratas versi QS World University Rankings, maka terwujudnya Indonesia Emas sudah di depan mata. Ini perlu dukungan semua pihak, stakeholders, terutama di legislatif," ujarnya.

Soal penajaman pembelajaran tentang Pancasila dan multikultural di perguruan tinggi, Rektor USU mengungkapkan bahwa memang menjadi agenda yang akan dibicarakan secara detil di tingkat pembelajaran yang ada di USU sendiri dan di sekitar USU.

Baca juga : Butuh Rekomendasi Perguruan Tinggi Tingkatkan Layanan Publik MPR

"Memang untuk mewujudkannya perlu dipikirkan dan dibuat perencanaan dan tahapan-tahapannya harus kita rumuskan. Sekarang ini, yang sudah kita buat dengan Pemko Medan baru di level SD dan SMP. Memang terus diingatkan lagi dan tidak boleh berhenti. Stepnya masuk dulu, lalu kita buat evaluasi terus menerus, sampai ini menjadi kebijakan nasional," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.