Dark/Light Mode

Smelter Di Morowali Meledak

Usut Tuntas, Cegah Kasus Kecelakaan Kerja Terulang

Selasa, 26 Desember 2023 07:20 WIB
Anggota Komisi VII DPR Mulyanto. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi VII DPR Mulyanto. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
Mulyanto menyebut, peris­tiwa ini harus menjadi pelajaran berharga sehingga harus benar-benar dipahami dan menjadi momentum untuk mengevaluasi semua kesepakatan kerja sama dengan perusahaan China. “Pemerintah harus mencari akar masalahnya sehingga dapat dice­gah kejadian seperti ini berulang di masa depan,” ungkapnya.

Sementara, Kepolisian Dae­rah (Polda) Sulawesi Tengah membentuk tim gabungan untuk menyelidiki kecelakaan kerja di PT. ITSS. “Untuk penyelidikan peristiwa ini, kami telah mem­bentuk tim gabungan yang ter­diri dari penyidik Polda Sulteng, Polres Morowali, tim penyidik Bareskrim Polri, Tim DVI Bid­dokkes, dan tim Inafis dari Laboratorium forensik Makas­sar dan Mabes Polri,” kata Ka­polda Sulteng Irjen Pol. Agus Nugroho.

Baca juga : Kemenperin Turunkan Tim Penanganan Kecelakaan Kerja Di Pabrik Nikel Morowali

Kapolda menjelaskan, ke­celakaan kerja di PT ITSS terjadi pada pukul 05.30 WITA pagi di gedung lantai 2 dan lantai 3. Peristiwa tersebut bermula saat tim teknis PT ITSS melakukan perbaikan pada salah satu tungku feronito di lantai 2. “Namun, saat tim teknis membongkar tungku tersebut, terjadi ledakan disertai semburan api yang menyebab­kan kebakaran di gedung PT ITSS,” ujarnya.

Sebanyak 59 karyawan PT ITSS menjadi korban, termasuk 13 yang meninggal dunia (empat TKA dan sembilan TKI). Sebanyak 29 korban mengalami luka berat, 12 korban luka se­dang, dan lima korban luka ringan.

Baca juga : Sri Mul Happy, Sistem Keuangan Kita Terjaga

Agus menyampaikan, korban yang meninggal dunia masih berada di klinik kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), sementara 29 ko­rban luka berat sudah dirujuk ke RSUD Morowali. Dua belas korban luka sedang masih dalam observasi di klinik kawasan PT IMIP, dan lima korban luka ringan telah dipulangkan.

Meskipun sistem alarm dan tanggap cepat di PT IMIP dini­lai baik, Kapolda menyatakan, pihaknya telah mengambil lang­kah-langkah antisipasi dengan mengamankan Tempat Kejadian Perkara (TKP). “Saat ini, opera­sional PT ITSS kami hentikan sampai hasil penyelidikan sele­sai,” tambahnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 26/12/2023 dengan judul Smelter Di Morowali Meledak, Usut Tuntas, Cegah Kasus Kecelakaan Kerja Terulang

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.