Dark/Light Mode

Rachmat Gobel Gelar Pasar Pangan Di Gorontalo, Harganya Disubsidi Sendiri

Jumat, 26 Januari 2024 14:53 WIB
Wakil Ketua DPR RI Bidang Korinbang Rachmat Gobel saat membuka Festival Pasar Pangan di Gorontalo, Kamis (25/1/2024). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua DPR RI Bidang Korinbang Rachmat Gobel saat membuka Festival Pasar Pangan di Gorontalo, Kamis (25/1/2024). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator, Industri, dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel menggelar Festival Pasar Pangan di Gorontalo.

"Saat ini rakyat sedang kesusahan. Harga-harga naik. Ini akibat dampak musim panas berkepanjangan atau El Nino. Karena itu, untuk membantu pemerintah dan mengurangi beban masyarakat, kami menggelar festival ini dengan harga yang saya subsidi,” katanya, Kamis (25/1/2024).

Festival Pasar Pangan digelar di Desa Paris, Kecamatan Mootilango, Kabupaten Gorontalo. Sedangkan barang yang dijual adalah beras, gula pasir, minyak goreng, kopi, dan sabun cuci cair.

Festival ini akan digelar keliling di lima kabupaten dan satu kota di Gorontalo. Masyarakat sangat antusias menyambut festival tersebut.

"Ini bukan kegiatan kampanye, sehingga tidak ada atribut partai atau ajakan tertentu. Saya melakukan ini selaku wakil ketua DPR RI,” katanya.

Baca juga : Gobel Hadirkan Kapal Tembaga Di Danau Perintis, Namanya Disayembarakan

Gobel menuturkan, saat ini masyarakat sedang kesusahan akibat kemarau panjang, yang berujung pada kegagalan panen atau buruknya hasil panen.

Di sisi lain, perang Rusia-Ukraina berimbas pada naiknya harga berbagai barang kebutuhan rumah tangga. Ditambah lagi, ekonomi dunia mengalami penurunan, termasuk ekonomi Indonesia.

Semua ini memicu penurunan relatif pendapatan masyarakat dan bertambahnya angka pengangguran.

"Itu memberikan tekanan ekonomi kepada masyarakat. Mereka yang memiliki penghasilan berlebih, diharapkan bisa saling menolong sesama,” ujar Gobel.

Sebagai wakil ketua DPR, Gobel dan pemerintah bahu-membahu mengatasi masalah ini. Melalui fungsi anggaran, DPR dan pemerintah telah menganggarkan bantuan kepada masyarakat seperti dalam bentuk bantuan sosial (bansos) atau bantuan langsung tunai (BLT).

Baca juga : Gelar Kampanye Akbar Perdana Di Solo, Kaesang: Ojo Lali Coblos PSI Dan Gibran

Namun, menurutnya, bantuan tersebut belum menjangkau seluruh masyarakat. Sifatnya hanya diberikan kepada penduduk yang berada di lapis paling bawah, yang ada dalam kelompok miskin.

Yang rentan miskin, yang jumlahnya sangat besar, justru kurang tersentuh.

"Karena itu, melalui pasar murah, masyarakat bisa menjangkau secara lebih luas. Makin banyak pasar murah seperti ini, tentu akan semakin baik,” cetus Gobel.

Dia mengajak seluruh masyarakat untuk selalu optimis dan makin giat bekerja, dalam menghadapi situasi ekonomi yang berat ini.

“Harus selalu berpikir positif dan banyak berdoa, agar diberikan kekuatan dan mendapat jalan keluar yang terbaik,” ucap Gobel.

Baca juga : Relawan Aksi Sahabat Gibran Gelar Simulasikan Program Makan Siang Gratis di Semarang

Politisi NasDem ini menuturkan, budaya Gorontalo sangat menjunjung tinggi sikap saling tolong menolong dan religius. Tanahnya sangat subur, lautnya kaya ikan.

“Sehingga, tak ada alasan untuk kekurangan. Tantangannya, pemimpin harus berlaku amanah dalam menunaikan tugas dan tanggung jawabnya,” tandas Gobel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.