Dark/Light Mode

BRI Raih Laba Rp 60,4 Triliun

Program Dan Inovasi Sunarso Sentuh Perekonomian Rakyat

Jumat, 2 Februari 2024 07:20 WIB
Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
Bendahara Megawati Institute ini pun tak segan memuji Suna­rso yang telah berhasil meracik kebijakan dan inovasi yang pas dalam menopang kinerja BRI. Inovasi ini yang kemudian menjadi salah satu kunci dalam menopang pertumbuhan laba yang positif perusahaan.

Dia lalu mengutip The Theory of Economic Development karya Joseph Alois Schumpeter. Bah­wa, ekonomi bisa tumbuh jika ditopang inovasi.

“Dalam konteks kinerja dan laba positif yang diraih BRI tahun lalu tentu inovasi yang mereka buat jadi salah satu fak­tor penting di balik capaian posi­tif (laba dan kinerja) mereka,” papar Darmadi.

Baca juga : Melalui Pajak Dan Dividen, Laba Ini Akan Kembali ke Negara Untuk Rakyat

Kendati demikian, capaian laba tahun 2023 mesti terus dit­ingkatkan lagi di kinerja tahun berikutnya. Jika bisa, laba BRI naik dua kali lipat dari tahun 2023. Dia percaya BRI bisa meningkatkan labanya karena mereka sudah teruji dan memi­liki jejak rekam yang mumpuni dalam berbagai macam situasi dan kondisi apa pun.

“Termasuk saat Covid-19, la­banya tumbuh cukup positif. Di bawah tangan dingin Pak Suna­rso dengan berbagai racikan dan resep yang dia miliki, saya yakin dan percaya BRI bisa cetak laba lebih besar lagi dan kinerjanya semakin baik,” ucapnya.

Sebelumnya, Dirut BRI Su­narso memaparkan kinerja ke­uangan perseroan sepanjang tahun 2023 yang sukses meraih laba sebesar Rp 60,4 triliun. BRI juga secara aset perseroan tumbuh 5,3 persen yoy menjadi sebesar Rp 1.965,0 triliun.

Baca juga : Program Mekaar Bukti Pemerintah Pro UMKM

BRI sekali lagi membuktikan bahwa dengan strategic response yang tepat, perseroan dapat mengubah tantangan menjadi kesempatan, kesulitan menjadi kemudahan, sehingga BRI menjadi semakin tangguh, kuat dan hebat.

“Seperti yang kita rasakan bersama tahun 2023, banyak sekali tantangan yang bersifat eksternal. Seperti, era suku bunga dan inflasi tinggi, kondisi geopolitik yang penuh dengan ketidakpastian, serta beberapa bank di Amerika Serikat yang kolaps. Namun, BRI dapat me­lewati itu semua dengan catatan impresif,” ujar Sunarso.

Sunarso menyampaikan, mayo­ritas dari laba senilai Rp 60,4 triliun tersebut pada akhirnya akan kem­bali ke negara sebagai pemegang saham mayoritas. Selanjutnya, dipergunakan untuk kepentingan rakyat Indonesia melalui berbagai program Pemerintah.

Baca juga : Ginting Dan Jorji Melangkah Ke Perempat Final

“Ini bukti nyata bahwa pe­rusahaan BUMN yang memi­liki fungsi agent of develop­ment dan value creator dapat secara simultan menjalankan peran economi dan sosial secara bersamaan,” imbuhnya.  

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 2/2/2024 dengan judul BRI Raih Laba Rp 60,4 Triliun, Program Dan Inovasi Sunarso Sentuh Perekonomian Rakyat   

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.