Dark/Light Mode

Anies-Imin Janji Siapkan Rp 150 Triliun Untuk Anak Muda Yang Suka Bertani

Rabu, 3 Januari 2024 16:00 WIB
Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar. (Foto: Ng Wahyu Putu Rama/RM)
Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar. (Foto: Ng Wahyu Putu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar mengaku telah menghitung anggaran sebesar Rp 150 triliun untuk anak muda yang tertarik terjun ke sektor pertanian.

Hal itu disampaikan dalam acara "Nitip Gus" di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (3/1).

Baca juga : Ganjar Bakal Siapkan Anggaran Rp 4 Triliun Untuk Insentif Guru Agama

Sosok yang karib disapa Cak Imin ini menekankan bahwa pendekatan tersebut akan melibatkan berbagai aspek, termasuk skill, pendidikan, bisnis, pekerjaan, dan aspek-aspek lainnya yang terintegrasi. 

"Sebetulnya, untuk kaum muda ini, mulai dari skill, sekolah, bisnis, bekerja, makan, satu kesatuan; kami hitung Rp150 triliun," kata Cak Imin dilansir ANTARA, Rabu (3/1).

Baca juga : Tutup Tahun 2023, Pelindo Beri Santunan Untuk 2024 Anak Yatim, UMK Dan Beasiswa

Program ini sebutnya dirancang untuk meningkatkan minat generasi muda terhadap pertanian, sehingga mendukung peningkatan produksi pertanian dalam negeri.

Dengan demikian, Indonesia dapat lebih mandiri dalam hal pangan dan mengurangi ketergantungan pada impor.

Baca juga : PSI DKI: Gen Jokowi Paling Cocok Untuk Anak Muda

"Kalau pertanian produktif, petani untung, kaum muda juga mau bertani, semakin banyak produksi yang berkualitas. Kita tidak akan mengandalkan impor lagi. Impor kita harus dihentikan, syukur-syukur sampai kita betul-betul mandiri di bidang pangan," tambahnya.

Dalam visi dan misi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar disebutkan komitmen capres dan cawapres nomor urut satu ini untuk mewujudkan kemandirian pangan dengan langkah konkret, termasuk meminimalkan impor dan meningkatkan kesejahteraan petani melalui sistem pertanian kontrak atau contract farming.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.