Dark/Light Mode

Terima Pengurus BKPRMI

Bamsoet Dukung Musabaqah Tilawatil Quran Antar Bangsa ke-14 di Banjarmasin

Selasa, 19 Maret 2024 22:48 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) menerima pengurus BKPRMI, di Jakarta, Selasa (19/3). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) menerima pengurus BKPRMI, di Jakarta, Selasa (19/3). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung kiprah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) yang akan menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Antar Bangsa ke-14 pada 28-31 Maret 2024, di Banjarmasin. MTQ ini diikuti para peserta dari 5 negara yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Bamsoet menyatakan, konsistensi penyelenggaraan MTQ Antar Bangsa patut diapresiasi. Kehadirannya tidak hanya membawa misi mendekatkan umat Islam dengan Al-Quran, melainkan juga menjadi stimulan untuk melahirkan generasi qari dan hafidz terbaik yang dapat mengharumkan nama bangsa dan memotivasi segenap Muslim lainnya untuk senantiasa meningkatkan kemampuan seni baca Al-Qur'an.

Baca juga : Bamsoet Dukung Gelaran International Business Solution Expo di Yogyakarta

"Event ini juga mampu menjalin persahabatan dan kerjasama antar bangsa di dalam ikatan ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah basyariah," ujar Bamsoet, usai menerima pengurus BKPRMI, di Jakarta, Selasa (19/3). Hadir pengurus BKPRMI antara lain Ketua Umum Said Aldi Al Idrus, Bendahara Umum Neneng Anita, Wakil Ketua Sadek Rahman Bahta dan Wakil Sekjen Ari Wibowo.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, sejak dahulu Indonesia selalu memiliki qari yang membanggakan. Misalnya, Fatwa Hadi yang berhasil menjadi juara 4 cabang Tahfidz 30 Juz dalam MTQ ke-26 tingkat internasional di Dubai, Uni Emirat Arab, 2023. Ada juga Deden Muhammad Makhyaruddin yang berhasil meraih juara satu kategori bergengsi lomba hafalan Quran 30 juz dan tafsirnya pada Musabaqah Tahfiz, Tajwid, dan Tafsir Al-Quran (MTQ) Internasional di Kairo, 2011.

Baca juga : Bamsoet Ajak Komunitas Otomotif Perbanyak Kegiatan Sosial Selama Ramadan

"Penyelenggaraan MTQ baik di tingkat nasional maupun internasional bukanlah sekadar ajang lomba. Melainkan juga sebagai upaya konkrit umat Islam untuk menggali nilai-nilai luhur yang terkandung didalam Al-Qur’an agar senantiasa dijadikan sebagai pedoman hidup," jelas Bamsoet.

Mantan Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) ini menerangkan, melalui kegiatan MTQ, juga dapat mendorong semangat dan minat baca masyarakat terhadap al qur’an. Menjadikan umat islam tidak ada lagi yang buta huruf Al-Qur’an, bahkan bisa memahami isi kandungan Al-Qur’an secara mendalam, sehingga setiap individu mampu membangun kesalehan diri dan kesalehan sosial.

Baca juga : Terima Perwakilan Kapal Api Group, Bamsoet Ajak Dukung Dunia Otomotif Indonesia

"MTQ merupakan proses internalisasi nilai-nilai Al-Qur'an dan memupuk kecintaan generasi muda terhadap Al-Qur'an. Inilah dasar yang menjadi niat BKPRMI yang konsisten menyelenggarakan MTQ," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.