Dark/Light Mode

Gudang Artileri Medan Bogor Meledak, Komisi I DPR Pertimbangkan Relokasi

Minggu, 31 Maret 2024 12:00 WIB
Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi. (Foto: DPR)
Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi. (Foto: DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi I DPR meminta Mabes TNI mengusut peristiwa ledakan di Gudang Artileri Medan (Armed) di Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (30/3/2024).

"Ya, walaupun tidak sedahsyat ledakan gudang amunisi di Cilandak KKO (Korps Komando Operasi) Marinir 29 Oktober 1984 lalu, tetap saja musibah ini harus segera diselidiki dan dievaluasi," kata anggota Komisi I DPR, Bobby Adhityo Rizaldi saat dihubungi, Minggu (31/3/2024). 

Menurut Bobby, pihaknya akan memperjuangkan keselamatan prajurit dan masyarakat bila gudang tersebut tak lagi layak digunakan. 

Baca juga : Anggota Komisi I DPR Nilai Pernyataan Ndiaye Soal Jokowi Sangat Tendensius

"Adanya gudang amunisi dengan radius lokasi pemukiman yang sudah berkembang berpuluh-puluh tahun setelah gedung tersebut dibangun, perlu dipertimbangkan untuk direlokasi," ungkap politisi partai Golkar itu. 

Lebih lanjut, Komisi Pertahanan juga akan menanyakan kepada Panglima TNI Jenderal Agus Subianto terkait hal ini dalam rapat yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. 

"Dalam rapat terdekat hal ini akan ditanyakan, apakah lokasi-lokasi gudang militer yang dalam lokasi padat pemukiman penduduk, masih layak dipertahankan atau sudah saatnya direlokasi," cetus dia. 

Baca juga : PDI Perjuangan Tetap Konsisten

Dia berharap tidak ada pihak yang saling menyalahkan dalam peristiwa ini. Terpenting, saat ini diperlukan tindakan preventif agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Mabes TNI juga harus segera menyisir apabila ada amunisi yang berceceran ke pemukiman warga akibat peristiwa ini. 

"Ini bukan salah siapa-siapa, tapi pembangunan pemukiman yang mungkin jaman dulu belum diantisipasi. Walaupun tidak ada korban jiwa seperti peristiwa ledakan Cilandak KKO, tindakan preventif harus segera dilakukan," pungkas Ketua DPD Golkar Sumatera Selatan itu. 

Diketahui, sebuah ledakan tampak di sekira Kota Wisata, Cibubur sekitar pukul 06.00 WIB. Diduga api berasal dari area Gudang Artileri Medan (Armed) di Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, meledak. Peristiwa itu terjadi Sabtu (30/3) malam. Gudang ini milik Kodam Jaya.

Baca juga : Upbit Dukung Koloborasi Kominfo dan A-B-I Kembangkan Ekosistem Blockchain

Api pun membumbung tinggi, ledakan terdengar oleh warga dan disampaikan di media sosial X. Berbagai video dan foto pun disebar netizen. Mereka pun mengaku mendengar suara ledakan dan gemuruh di sekitar lokasi.

Hingga pukul 20.00 WIB, ledakan masih terjadi menyusul ledakan pertama. Petugas pemadam kebakaran berhati-hati menangani situasi. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.