Dark/Light Mode

Legislator Demokrat Minta Mendes Rangkul Tokoh Adat Dalam Pembangunan Papua

Selasa, 4 Juni 2024 17:53 WIB
Anggota Komisi V DPR, Willem Wandik
Anggota Komisi V DPR, Willem Wandik

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi V DPR, Willem Wandik mengingatkan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar untuk melibatkan peran tokoh dan masyarakat adat dalam melakukan berbagai program pembangunan serta pelayanan di tanah Papua.

Baca juga : Senator Jakarta Minta Dana Abadi Budaya Betawi Diatur Perda

”Penyelenggaran pembangunan harus  mengacu pada masyarakat adat. Karena dengan adanya lembaga masyarakat yang terbentuk ini mereka terlindungi, terlayani dengan baik. Jadi dalam penyelenggaran program-program pembangunan dari pusat perlu juga sentuhan kepada mereka sehingga peran mereka itu dikuatkan,” kata Willem dalam Raker Komisi V di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, dikutip Selasa (4/6).
 
Politisi Fraksi Partai Demokrat ini mengatakan, para tokoh adat mempunyai peran yang sangat penting di Papua, dimulai dari melerai konflik hingga pengambilan keputusan-keputusan.
 
”Mereka punya peran penting, setiap ada konflik peran mereka sangat penting. Di sana tidak perlu tentara, tidak perlu polisi. Mereka hati-hati sudah damai. Membuka lahan besar, itu butuh keputusan, keadilan daripada tokoh masyarakat adat setempat,” ujar Legislator Papua tersebut.
 
Sementara itu, dalam rapat ini, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar berkomitmen mengupayakan serapan anggaran kementerian tersebut pada 2024, lebih baik dari pada tahun 2023 yang mencapai 98,13 persen. 

Baca juga : Legislator Demokrat Sarankan Program Tapera Dikaji Ulang

Menurut Gus Halim, sapaan akrabnya, apabila dibandingkan dengan tahun 2023, realisasi anggaran Kemendes PDTT di 2024 mengalami peningkatan dari 26,82 persen menjadi 30,69 persen.

Baca juga : Masyarakat Diminta Cerdas Tangkal Hoax di Pilkada Serentak

"Jika dibandingkan dengan serapan anggaran 2023, di bulan sama, alhamdulillah ini lebih tinggi. Di mana pada saat itu (2023) terserap 26,82 persen, sedangkan 2024 di bulan Mei sudah terserap 30,69 persen," pungkasnya.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.