Dark/Light Mode

Komisi VI Ingatkan Mendag Siapkan Stok Pangan Ramadan

Rabu, 5 Februari 2020 14:17 WIB
Deddy Yevri Sitorus (Foto: Istimewa)
Deddy Yevri Sitorus (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perdagangan (Kemendag) perlu agar segera menyampaikan rencana menjaga ketersediaan bahan pangan untuk Ramadan tahun ini. Hal itu disampaikan anggota Komisi VI DPR, Deddy Yevri Sitorus, di Jakarta, Rabu (5/2).      

Deddy mengatakan, hingga saat ini belum ada informasi dari Kemendag terkait antisipasi ketersediaan stok pangan menghadapi Ramadan. Padahal, bulan suci umat Muslim itu sudah dekat,  yakni April 2020.        

Baca juga : Mendagri Kerahkan 8 Ribu Personil Gabungan TNI dan Polri

“Kami belum mendengar adanya persiapan utk memastikan ketersediaan pangan yang penting menghadapi Ramadan. Kabarnya, karena sampai saat ini belum ada permintaan atau rekomendasi dari Kementerian Pertanian tentang stok pangan Ramadan,” kata Deddy.

Anggota Fraksi PDIP itu menyampaikan, Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto, dan Wamendag, Jerry Sambuaga, seharusnya dapat berbagi tugas untuk konsolidasi di internal Kemendag serta koordinasi dengan kementerian/lembaga dan mitra kerja lainnya. Untuk kebutuhan mendesak, konsolidasi itu harus berjalan baik dengan Kementan dan Bulog untuk menjaga kebutuhan pangan saat Ramadan.      

Baca juga : Tontonan Menarik dan Main Tangan

“Harusnya Mendag dan Wamendag ini kan bersinergi, saling menguatkan kinerja, berkonsolidasi dengan para stakeholder untuk mengendalikan stok dan harga pangan. Jangan sampai orang menganggap Mendag dan Wamendag tidak harmonis,” ujar Deddy.

Setahu Deddy, hingga saat ini Kemendag belum menyampaikan rencana pelaksanaan program kerjanya, khususnya dalam rangka menyambut Ramadan. Padahal, ada beberapa keluhan terhadap Kemendag, yang disampaikan pemerintah daerah kepada DPR. Di antaranya adalah program revitalisasi pasar desa yang kebutuhannya cukup mendesak dipenuhi untuk menyambut Ramadan, juga harga-harga yang perlahan mulai merangkak naik.        

Baca juga : Runway Tiga Bandara Soetta Akan Sangat Berguna

“Program kerja belum ada yang jalan secara efektif. Padahal ini penting untuk menghindari kegaduhan terkait pasokan kebutuhan pangan selama Ramadan nanti,” ungkap Deddy. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.