Dark/Light Mode

Komisi VI Imbau Kementerian BUMN Senantiasa Jaga Iklim Kondusif

Kamis, 13 Februari 2020 14:14 WIB
Deddy Yevri Sitorus (Foto: Istimewa )
Deddy Yevri Sitorus (Foto: Istimewa )

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VI DPR, Deddy Yevri Sitorus, mengimbau ke para petinggi Kementerian BUMN untuk senantiasa menciptakan iklim yang kondusif di kalangan BUMN. Dia menegaskan, hal itu diperlukan agar kinerja dan energi positif di dalam korporasi dapat terjaga, terlebih pada BUMN yang sudah melantai di bursa.

"Kita berharap Kementerian berhati-hati dan disiplin dalam berkomunikasi. Agar tidak tercipta persepsi negatif dan pukul rata yang justru akan merugikan BUMN," kata politisi PDIP ini, di Jakarta, Kamis (13/2).    

Baca juga : Komisi VI Setujui RUU Kemitraan Ekonomi Komprehensif RI-Australia

Wakil Rakyat dari Dapil Kalimantan Utara itu berharap agar Kementerian mengedepankan narasi positif. Sebab, kondisi setiap BUMN berbeda-beda dan masalahnya kompleks.      

"Kementerian harus jaga wibawa BUMN. Saat ini, sebaiknya BUMN fokus pada penyusunan roadmap BUMN yang konkret dan benar-benar mampu memberikan arah serta semangat baru untuk perbaikan ke depan," ujarnya.      

Baca juga : Komisi VI Ingatkan Mendag Siapkan Stok Pangan Ramadan

Deddy berharap, roadmap tersebut melibatkan para pengurus BUMN masing-masing kluster dan memastikan ada kolaborasi antarkluster. Termasuk sinergi dengan kementerian teknis. “Narasinya dan teknisnya harus jelas," kata Deddy.      

Dia mencontohkan, mengenai penggunaan produk lokal, GCG, standarisasi, benchmarking, dan rekrutmen. Deddy berharap, agar impor dikurangi untuk produk-prpduk yang bisa dihasilkan BUMN, seperti kapal, lokomotif, amunisi, IT, dan sebagainya.

Baca juga : Kasus Suap Proyek Kementerian PUPR, KPK Periksa Muhaimin Iskandar

Deddy berharap agar pimpinan BUMN benar-benar fokus pada solusi, shared vision, dan tidak terjebak pada masalah dan perangkap berpikir linier. "Semua ini agar BUMN semakin profesional dan menjaga integritas dengan menolak tegas intervensi politis atau para pemburu rente. Kita berharap banyak pada orang-orang muda yang memimpin BUMN sekarang ini," ungkapnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.