Dark/Light Mode

Pemerintah Berjibaku Lawan Corona, PKS Usulkan Pembentukan Tim Pengawas di DPR

Jumat, 20 Maret 2020 22:04 WIB
Nasir Djamil (Foto: Istimewa)
Nasir Djamil (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Saat ini, Pemerintah sedang berjibaku melawan penyebaran Virus Corona. Dari kalangan politisi Senayan, Anggota Komisi III DPR M Nasir Djamil mendesak Pimpinan DPR membentuk Tim Pengawas (Timwas). Politisi PKS ini beralasan, pembentukan Timwas penting untuk memastikan kinerja Pemerintah melawan sebaran Virus Corona berjalan efektif. 

Nasir berharap, Timwas bisa terbentuk pada masa sidang depan, mengingat jumlah korban Corona terus bertambah. “Pembentukan Tim Pengawas ini merupakan konsekwensi fungsi DPR dan tanggung jawab moral sebagai wakil rakyat,” ujar politisi PKS ini, Jumat (20/3).

Baca juga : Cegah Penyebaran Corona, Kosgoro 1957 Bagikan Ribuan Masker di Bundaran HI

Nasir pun mulai memikirkan komposisi tim. Kata dia, tim harus terdiri dari lintas fraksi dan komisi serta dipimpin salah seorang Pimpinan DPR. Pimpinan DPR bisa meminta ke fraksi agar mengirim anggotanya yang bertugas dan terkait dengan dampak Virus Corona. 

“Tim pengawas ini diharapkan mengawasi kebijakan dan realisasi di lapangan. DPR ingin pandemi corona ini bisa diselesaikan dalam waktu yang tidak lama,” ujar Nasir.

Baca juga : PLN Imbau Pelanggan Gunakan Pembayaran Online

Selama ini, kata Nasir, telah banyak dibentuk Tim Pengawasan. Pembentukan itu sangat dibutuhkan agar pemerintah bisa sukses menjalan kebijakannya. Tentu saja pola kerja tim pengawas ini akan berbeda dengan Tim Pengawas serupa yang pernah dibentuk, mengingat daya rusak virus corona yang tidak terlihat secara cepat.

“Kita yakin tidak ada yang tahu sampai kapan pandemi corona ini akan berakhir. Karena itu, Tim Pengawas yang akan dibentuk DPR sesuatu yang penting dan mendesak diwujudkan. Tim Pengawas DPR ini hadir untuk mengawasi dan membantu pemerintah dalam melawan dan mengakhiri Virus Corona. Harus ada kolaborasi antara doa dan kerja keras semua lembaga negara,” ujarnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.