Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Antisipasi Wabah Corona

Senator Jatim Minta Petugas Bandara Dilengkapi APD Mumpuni

Minggu, 22 Maret 2020 21:12 WIB
Anggota DPD Evi Zainal Abidin berpose dengan petugas Bandara Juanda, Jumat (20/03).
Anggota DPD Evi Zainal Abidin berpose dengan petugas Bandara Juanda, Jumat (20/03).

RM.id  Rakyat Merdeka - Senator asal Provinsi Jawa Timur Evi Zainal Abidin Jumat (20/3) menyambangi para petugas di Bandara Juanda, Surabaya. Dalam kesempatan itu dirinya mengakui sangat menyayangkan para petugas yang siaga di garda terdepan ini tidak dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) yang memadai. 

Padahalnya, para petugas ini bekerja dalam tekanan, yang membuat mereka rentan terserang kelelahan sehingga sangat mungkin imun tubuh mereka menjadi menurun. Padahal seperti yang kita ketahui, imun sistem yang kuat adalah penangkal paling ampuh untuk melawan serangan penularan COVID-19 ini. 

Baca juga : Pesan Sesepuh Demokrat Sikapi Wabah Corona: Dalami Agama, Jauhi Prasangka

Sebaliknya, Evi mengapresiasi kerja jajaran KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) yang demi tugasnya melindungi keselamatan penumpang, tetap semangat bertugas meski hanya dibekali APD ala kadarnya. 

“Ini adalah tugas Pemerintah untuk memastikan keselamatan diri para petugasnya, jangan sampai nyawa mereka menjadi terancam hanya karena pemerintah tidak sigap dalam pemenuhan kebutuhan APD yang sesuai dengan standar WHO seperti penggunaan masker N95 dalam penanganan COVID-19 ini,” jelasnya.

Baca juga : Sriwijaya Air Lakukan Penyemprotan Cairan Disinfektan Di Dalam Pesawat

Dirinya hanya melihat satu atau dua petugas menggunakan masker N95. Namun itu hanya mereka yang bertugas di kedatangan internasional saja. Hal ini tidak dibenarkan, semua petugas frontliners harus mendapat perlakuan yang sama sehingga keselamatan mereka semua dapat terjamin dengan baik dimanapun mereka ditugaskan. 

"Petugas di Bandara Juanda juga menyambut baik keputusan Pemerintah untuk mengadopsi metode screening awal infeksi covid-19 dengan menggunakan rapid test. Bahkan mereka antusias dan meminta agar bandara mendapat prioritas saat rapid test kits sudah bisa didatangkan ke Indonesia," kata Evi. 

Baca juga : Garuda Pastikan Kenyamanan Dan Kesehatan Penumpang

Meski body thermal scanning sudah diberlakukan di pintu-pintu masuk bandara, rapid test kits akan membantu para petugas mempercepat proses identifikasi suspect covid-19. [KRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.