Dark/Light Mode

Isi Ramadhan, MPR Tetap Patuhi Protokol Kesehatan   

Kamis, 23 April 2020 09:40 WIB
Lestari Moerdijat (Foto: Dok. MPR)
Lestari Moerdijat (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah pandemi Covid-19, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat berharap umat Islam dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk dan mematuhi protokol kesehatan, seperti kegiatan kumpul-kumpul. Sesuai imbauan pemerintah, salat tarawihnya di rumah saja.

“Saya mengajak saudara-saudara saya, umat muslim di Indonesia untuk tetap dapat bijaksana dalam menjalankan ibadah,” ungkap Rerie, sapaan akrab Lestari, dalam keterangannya.

Baca juga : MUI Haramkan ODP, PDP dan Berstatus Positif Ke Masjid

Pada 10 April lalu, Kementerian Agama mengimbau umat Islam melaksanakan segala kegiatan ibadah Ramadhan di rumah selama pandemi Covid-19. Kementerian meminta agar shalat tarawih berjemaah di masjid ditiadakan.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga mengeluarkan himbauan bagi umat muslim untuk menghindari kerumunan demi mencegah penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan menghentikan sementara kegiatan shalat berjamaah dan aktivitas lainnya di rumah ibadah. MUI juga mengajak untuk menjadikan rumah sebagai pusat kegiatan ibadah Ramadhan bersama keluarga. 

Baca juga : Industri Dalam Negeri Mampu Produksi APD Sesuai Standar WHO

“Dalam pandangan saya, ibadah di rumah pada saat ini akan bermanfaat bagi diri kita dan orang lain karena setidaknya kita sudah ikut andil memutus rantai penularan dan mencegah potensi menulari orang lain," ujarnya.

Karena itu, Rerie meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah berkoordinasi dengan para tokoh ulama dan tokoh masyarakat untuk terus memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai protokol kesehatan terkait Covid-19 guna mencegah penyebarannya. "Sehingga di tengah wabah Corona ini masyarakat terhindar dari keraguan mengenai Ibadah selama Bulan Suci dan dapat beribadah dengan khusyuk di rumah," pungkas Rerie. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.