Dark/Light Mode

Putra Nababan Kenang Jadi Wartawan dan Ungkap Kegiatan di Senayan

Anggota DPR Itu Banyak Tugas, Ada Juga Yang Bandel-bandel..

Kamis, 18 Juni 2020 06:56 WIB
Anggota Komisi X DPR Putra Nababan saat bincang di Instagram Rakyat Merdeka, Rabu (17/6). (Foto: Istimewa)
Anggota Komisi X DPR Putra Nababan saat bincang di Instagram Rakyat Merdeka, Rabu (17/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Begitulah perjalanan hidup Putra Nababan, anggota Komisi X DPR dari PDIP. Nasib menuntunnya mengikuti jejak karir sang ayah, Panda Nababan. Seorang wartawan kawakan yang di puncak karirnya beralih jadi politisi.

Sebelum jadi politisi Senayan, Putra memang lebih dikenal sebagai wartawan. Selama hampir 25 tahun, dia menapaki karir di dunia jurnalistik. Kiprahnya dimulai saat menjadi reporter di surat kabar Merdeka pada tahun 1995.

Baca juga : Kasus Gagal Bayar Asuransi Jiwa Dan Reksa Dana Coreng Citra Pengawas Pasar Modal

Enam tahun berselang, dia merintis karir sebagai jurnalis televisi. Di sini karirnya melesat. Beberapa kali, dia didapuk sebagai pembaca berita terbaik. Puncak karirnya dicapai pada 2012 saat dia menjadi pemimpin redaksi di Metro TV.

Pemilu 2019 lalu, Putra memulai karirnya di dunia politik. Melalui PDIP, dia mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari Dapil DKI Jakarta I. Kerja kerasnya membuahkan hasil. Ia melenggang ke Senayan dengan meraih 101.769 suara.

Baca juga : Ketua DPR: Protokol Kesehatan di Rumah dan di Sekolah Merupakan Satu Mata Rantai

Hasil yang mengesankan bagi politisi pendatang baru. Padahal di dapil ini, dia berhadapan dengan tokoh nasional seperti Imam Nahrawi yang saat itu jadi Menpora.

Kemarin siang, Putra berbincang via Instagram dengan Rakyat Merdeka. Acara dimoderatori Budi Rahman Hakim, Wartawan Senior Rakyat Merdeka. Tema yang diangkat, “Politisi Muda di Senayan, Ngapain aja?” Selama hampir satu jam, ayah tiga anak ini menceritakan pengalaman barunya sebagai anggota DPR.

Baca juga : Rachmat Gobel: Covid-19 Momentum Penguatan Ekonomi

Sesekali ia mengenang perjalanannya saat masih menjadi wartawan. Macam-macam ceritanya. Yang lucu soal perbedaan cara pandang antara wartawan dan anggota DPR. Dulu, kata dia, saat masih wartawan, ia sering menyuruh fotografer untuk memfoto ruang rapat paripurna yang kosong melompong. Sekarang saat jadi anggota DPR, ia sadar. “Tugas anggota DPR itu ternyata banyak,” kata Putra sambil tertawa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.