Dark/Light Mode

Rapat Dengan Kementerian LHK

Senayan Minta Dengan Keras: Turunkan Impor Sampah Ya!

Jumat, 10 Juli 2020 07:45 WIB
Ilustrasi sampah plastik. (Foto: Antara)
Ilustrasi sampah plastik. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Untuk itu, dia berharap kebijakan memaksimalkan sampah dalam negeri ini bisa dikaji sehingga negara tidak terlalu tergantung besar dengan impor sampah dari luar negeri. Apalagi, bukan rahasia lagi banyak impor sampah yang masuk justru berbahaya bagi lingkungan.

“Nanti dirumuskan dulu supaya pengusaha juga jangan dirugi kan tapi jangan juga impor sampah kebanyakanlah. Malulah negara kita karena setahu saya negara yang impor sampah itu seperti saya pernah ke Zambia. Ya mungkin mereka wajar kalau me ngimpor karena negara miskin. Tapi negara kita negara kaya Pak,” tegasnya.

Baca juga : Walhi dan Greenpeace Minta Masyarakat Tak Gunakan AMDK Galon Sekali Pakai

Hal senada dilontarkan Anggota Komisi IV Hermanto. Politisi PKS ini menilai, tingginya impor sampah malah membuat image negara kita sebagai negara sampah.”Jadi kalau kita punya standing seperti itu, kita seba gai bangsa sangat memalukan sekali,” sentilnya.

Karena itu, dia meminta pemerintah terkait impor sampah ini tidak hanya melihat sisi benefitnya saja, tapi juga lingkungan.

Baca juga : Pemerintah Diminta Perketat Pengawasan Timah

Sangat naif hanya karena kebutuhan bahan baku seperti bijih plastik kemudian kita menghendaki negara berstatus sebagai negara sampah. Memang, setiap manusia di dunia ini memproduksi sampah, namun harus dilihat secara menyeluruh aspek benefit dari impor sampah ini. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.