Dark/Light Mode

Indonesia Sudah Merdeka 75 Tahun, Sabam Sirait Ajak Masyarakat Terus Galang Persatuan

Senin, 3 Agustus 2020 23:12 WIB
Anggota MPR Sabam Sirait (tengah depan). (Foto: Istimewa)
Anggota MPR Sabam Sirait (tengah depan). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sumber daya alam Indonesia sangat kaya. Untuk itu, semua rakyat Indonesia harus terus bersatu. Sebab, tak mustahil ada pihak-pihak lain yang mau mengambil kekayaan Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan politik adu-domba sebagaimana pernah dilakukan para penjajah.

“Dengan bersatu kita bisa mengusir penjajah. Dan bila kita terus bersatu, pihak yang mau mengadu domba akan takut duluan," kata anggota MPR paling senior, Sabam Sirait, terkait dengan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 Indonesia. 

Sabam mengatakan, pembangunan di Indonesia di tengah kemerdekaan yang sudah semakin lama ini harus kian merata. Sehingga semua daerah merasakan keadilan dalam pembangunan.

Baca juga : Jakarta Juara Kasus Baru? Jangan Panik Dulu...

"Sebagaimana kata DR Leimana, kita harus membangun Indonesia dengan seadil-adilnya mungkin. Sehingga semua rakyat Indonesia merasakan kesejahteraan yang sama," ungkap anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari daerah pemilihan DKI Jakarta.

Mantan anggota Dewan Pertimbangan Agung (DPA) ini mengapresiasi kinerja pemerintahan Presiden Jokowi yang sudah menunjukkan komitmen dan menjalankan pembangunan yang merata di seluruh Indonesia, tanpa membedakan antar pulau dan kawasan. Ia pun mendukung penuh pembangunan dari daerah sebagaimana cita-cita pembangunan Presiden Jokowi.

"Aceh dan Papua juga harus sama-sama dibangun. Tanpa Aceh, bukan Indonesia. Juga tanpa Papua, bukan Indonesia. Indonesia harus terus utuh dari Sabang sampai Merauke. Kita harus jaga bersama-sama," kata Sabam.

Baca juga : Siapkan Panduan, Menpora Ingin Masyarakat Tetap Olahraga

Sabam kembali menekankan bahwa semua elemen bangsa harus semakin menguatkan satu sama lain di tengah berbagai persoalan dan tantangan yang sedang dihadapi. Misalnya Indonesia saat ini, sebagaimana negara lain, sedang menghadapi pandemi Covid-19. Di saat yang sama, tantangan Indonesia ke depan sangat kompleks, baik persoalan internal maupun eksternal yang datang dari pihak luar.

"Sebagai bangsa yang besar kita harus bersyukur sampai saat ini Indonesia masih kondusif dan terkendali. Namun kita harus terus bersatu sebab tantangan tidak lebih mudah dari tantangan-tantangan sebelumnya," kata Sabam.

Sabam mengatakan, Indonesia selalu bisa keluar dari persoalan yang ada dan dihadapi. Dengan catatan, semua elemen bangsa bersatu dan terus bekerja sama. "Jangan mau dipecah belah oleh siapa pun. Kalau kita bersatu, semua bisa kita lewati bersama. Sebab, sebagaimana kata Bung Karno, bangsa kita adalah bangsa yang kuat," ungkap Sabam. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.