Dark/Light Mode

Fadel Ajak Warga Bali Perkuat Empat Pilar MPR

Selasa, 1 September 2020 19:01 WIB
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad.
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad.

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mengajak warga masyarakat khususnya, warga Bali untuk terus menjaga dan memperkuat Empat Pilar MPR RI yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD NRI) 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"MPR punya misi bagaimana menyosialisasikan Empat Pilar MPR RI. Untuk Pancasila, tidak perlu dibuat hal lain, laksanakan saja itu untuk membangun bangsa dan negara," kata Fadel di acara Temu Tokoh Nasional dalam rangka Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang bekerja sama dengan Universitas Mahendradata, di Bali, Selasa, (01/08). 

Baca juga : Fadel Apresiasi Semangat Warga Bali Atasi Pandemi

 Dia mengatakan, UUD NRI 1945 merupakan pondasi Undang-Undang yang ada di Indonesia. Untuk memperkuatnya, negara telah dibentuk Mahkamah Konstitusi (MK). Yang tugasnya antara lain menguji apabila ada UU yang dinilai masyarakat bertentangan dengan UUD NRI 1945.

Kemudian terkait NKRI, lanju Fadel, merupakan komitmen bersama untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.

Baca juga : Kejagung Ogah Serahkan Perkara Pinangki Ke KPK

Dia menceritakan kisah kuatnya persatuan bangsa saat dirinya menjadi Gubernur Gorontalo dua periode. Menurutnya, banyak warga Bali, Jawa, dan Gorontalo yang ikut mengembangkan dan memproduksi jagung di daerahnya sehingga saat itu, Indonesia menjadi eksportir. Hal itu, menurutnya, bukti bahwa persatuan dan kesatuan yang kuat akan semakin berdampak positif bagi masyarakat luas.

"Ketika saya menjadi Gubernur Gorontalo, warga Bali menjadi andalan untuk mengembangkan produksi jagung. Saya membuat berbagai macam program dan mereka membantu saya," katanya.

Baca juga : Menteri Prancis Bela Hak Warganya Telanjang Di Pantai

Fadel mengingatkan, masyarakat Indonesia sangat beragam. Oleh sebab itu harus tetap mengedepankan prinsip Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.(QAR/TIM)

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.