Dark/Light Mode

Gus Jazil Senang Lihat UMKM Baubau Mulai Bangkit

Minggu, 13 September 2020 20:38 WIB
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid (Foto: Dok. MPR)
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengaku senang melihat UMKM mulai bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Ia berharap, semangat dari pelaku UMKM itu terus dirawat dan mendapat perhatian dari pemerintah, karena ujung dari bangkitnya UMKM adalah kesejahteraan rakyat. 

Hal tersebut disampaikan Jazilul saat meninjau dan berdialog dengan para pelaku UMKM yang tergabung dalam Baubau Creative Forum (BBCF), di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Minggu (13/9). Dalam kesempatan itu, Jazilul mengunjungi beberapa kios yang antara lain kedai kopi, penjual kue, dan kerajinan tenun dan kaus khas Baubau. Ia juga membeli sejumlah produk sepertinya kaus, kue dan makanan ringan. 

Melihat geliat itu, Jazilul mengaku senang. "UMKM di Baubau bisa menjadi contoh UMKM mulai bangkit dan bergerak," kata Jazilul.

Baca juga : Ketua MPR Bangga Lihat Taruna-Taruni STIN Yang Miliki Banyak Soft Skill

Gus Jazil, sapaan Jazilul, menjelaskan, pandemi yang melanda awal Maret lalu sudah merembet ke krisis ekonomi. Dampak krisisnya lebih berat dari krisis 1998. Pada 1998, hanya sektor perbankan dan moneter yang kolaps. Krisis saat ini semua kena dampaknya, termasuk UMKM. 

NahMenurut dia, kunci pemulihan ekonomi saat ini bukan pada sektor perbankan. Apalagi ia mendengar bank-bank tidak likuid. Salah satu kunci pemulihan ekonomi adalah ada di UMKM. Dia yakin, UMKM di Baubau juga akan berkembang kalau didorong dan dibantu pemerintah. Ia pun berterima masih kepada BBCF yang jadi penggerak UMKM di Baubau, Sultra.  

"Saya yakin pemerintah akan memberi support karena yang akan diuntungkan adalah masyarakat. Karena ujung-ujungnya setiap pembangunan adalah kesejahteraan masyarakat," ujarnya. 

Baca juga : Ganjil Genap Masih Berlaku Hari Ini

Waketum PKB ini mendukung dan berjanji akan menyampaikan kebutuhan para pelaku usaha kepada para menteri terkait. Termasuk tiga menteri asal PKB yaitu Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Menteri Desa Abdul Halim Iskandar dan Menaker Ida Fauziah. Ia juga berjanji akan berkomunikasi dengan teman-teman di DPR agar membantu kebangkitan UMKM. 

Menurut dia, Presiden Jokowi pasti akan senang kalau mendengar masyarakat sudah mukai aktif dan beraktivitas secara ekonomi. "Tentu saya akan mengabarkan dan men-support. Kalau dialog ini tidak ada tindaklanjutnya akan percuma saja," ujarnya. 

Terakhir, ia berpesan kepada para pelaku agar tetap semangat. Menurut dia salah satu hal terpenting dalam mengembangkan UMKM adalah kreativitas. Kalau bahan ada, barang ada tapi tidak ada kreatifitas, sebuah usaha sulit berkembang. "Selain krearivitas juga perlu ketekunan," cetusnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.