Dark/Light Mode

Wisuda S3 di UNJ Secara Virtual

Gus Jazil Minta Wisudawan Aktualisasikan Ilmu ke Masyarakat

Rabu, 21 Oktober 2020 20:01 WIB
Wisuda S3 di UNJ Secara Virtual Gus Jazil Minta Wisudawan Aktualisasikan Ilmu ke Masyarakat

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid bersama dengan 1.911 orang lainnya, menjalani wisuda Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Tahun Akademik 2019/2020, Selasa (20/10). Ia menjalani wisudawan dari program S3 atau doktoral.

Wisuda di UNJ diikuti oleh 56 orang untuk program D3. S1 1.331 orang, S2 292 orang, dan program S3 atau doktoral 232 orang.

Wisuda yang bertema “Kebangkitan UNJ Menuju Prestasi dan Reputasi Asia,” itu digelar tidak biasa. Karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, maka acara wisuda dilakukan secara virtual.

Baca juga : Gus Jazil: Jangan Pake Kekuatan Kekuasaan 

"Pandemi Covid-19 tidak menghalangi untuk melakukan aktivitas seperti wisuda ini,” tutur pria asal Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Meski dilakukan secara virtual, namun prosesi yang ada tetap dilakukan secara khidmat. Tak menyurutkan semangat dari para wisudawan.

Di kediaman di Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Jazilul Fawaid di depan jaringan virtual mengikuti prosesi wisuda.

Baca juga : Senator Jakarta Minta Disiplin Masyarakat Jangan Kendor

Ia bersama ribuan wisudawan lainnya mengenakan baju toga lengkap.

Menurut politisi PKB ini, prosesi yang demikian merupakan pengalaman pertama. “Kagok juga sebab pakai toga sendiri, berdiri sendiri, dan di depan kamera yang terhubung secara virtual dengan yang lain,” tuturnya sambil tersenyum.

Bila dalam wisuda yang digelar secara normal, para wisudawan mendapat ucapan selamat dari berbagai kalangan di lokasi acara. Tidak demikian halnya dalam kondisi virtual. Ia mendapat ucapan selamat sebatas dari orang-orang terdekat, yakni istri dan keempat anaknya.

Baca juga : Garap RUU Cipta Kerja, DPR Diminta Libatkan Masyarakat

“Ada hikmah dari wisuda virtual UNJ ini,” ujar alumni Perhimpunan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.