Dark/Light Mode

Wisuda S3 di UNJ Secara Virtual

Gus Jazil Minta Wisudawan Aktualisasikan Ilmu ke Masyarakat

Rabu, 21 Oktober 2020 20:01 WIB
Wisuda S3 di UNJ Secara Virtual Gus Jazil Minta Wisudawan Aktualisasikan Ilmu ke Masyarakat

 Sebelumnya 
Hikmah yang didapat, acara bisa terselenggara dengan efektif, efisien, dan anggaran yang tidak besar. “Bedanya hanya rasa, karena tidak diwisuda secara langsung," ungkapnya.

“Wisuda virtual kelihatan aneh dan gregetnya kurang, namun tidak mengurangi makna wisuda itu sendiri,” tambahnya.

Dalam masa pandemi Covid-19, paling penting menurut Gus Jazil adalah wisudawan turun ke tengah-tengah masyarakat.

Baca juga : Gus Jazil: Jangan Pake Kekuatan Kekuasaan 

Ini sesuai ikrar para wisudawan yang diminta terjun ke masyarakat, untuk mengaktualisasikan ilmu dan keterampilan yang dimiliki. Sesuai bidang masing-masing. 

Ia mendorong wisudawan dari kalangan S1, untuk kreatif dalam mencari kerja dan menerapkan ilmunya. “Kalau mencari pekerjaan, saat ini mungkin sedang sulit,” ucapnya.

Dikatakan, sebagai wisudawan dari program doktoral dan juga sebagai Wakil Ketua MPR, apa yang diraih dari UNJ itu, yakni Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), akan diaktualisasikan dan diimplementasikan dalam berbagai aktivitas yang ia jalani.

Baca juga : Senator Jakarta Minta Disiplin Masyarakat Jangan Kendor

“Sebagai Wakil Ketua MPR, politisi, dan bidang-bidang lainnya,” paparnya.

Menurutnya, semua kehidupan perlu SDM. Jazilul Fawaid berhak mengikuti wisuda setelah dirinya lolos dalam ujian disertasi terbuka pada 17 Februari 2020. Disertasi yang dibuat berjudul "Pengaruh Rekrutmen, Kompetensi, dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Anggota DPR RI Periode 2014-2019”.

Pila rekrutmen menjadi salah satu variabel yang sangat menentukan dalam kinerja anggota DPR. Selama ini, sistem rekrutmen caleg dilakukan secara terbuka, dan itu menjadi kewenangan partai.

Baca juga : Garap RUU Cipta Kerja, DPR Diminta Libatkan Masyarakat

"Ujung tombaknya adalah rekrutmen oleh partai. Sekarang, dengan rekrutmen terbuka, siapa pun bisa masuk asal mendapatkan suara terbanyak," katanya. [QAR]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.