Dark/Light Mode

Perkuat NKRI

HNW: Kuncinya Tegakkan Etika, Akhlak, Dan Moralitas.

Sabtu, 24 Oktober 2020 20:28 WIB
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengajak semua pihak menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Sebab, persatuan merupakan hal yang sangat berharga buat bangsa Indonesia. 

"Sudah terbukti dari berbagai peristiwa kelam dalam sejarah perjalanan bangsa, karena persatuan,  NKRI tetap utuh," ungkap HNW-sapaan akrabnya saat memberikan sambutan secara virtual pada acara Temu Tokoh Nasional/Kebangsaan kerjasama MPR dengan Garuda Keadilan Sumatera Barat, di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Sabtu (24/10).

Namun demikian, HNW menyampaikan, ada yang perlu dipahami rakyat Indonesia terutama generasi muda bahwa ada perjuangan keras dibalik kuatnya persatuan hingga akhirnya terbentuknya NKRI. Yakni, adanya implementasi etika, akhlak, moralitas yang begitu luar biasa dicontohkan para tokoh bangsa. 

Baca juga : Perkuat Daya Gedor, Milan Rekrut Gelandang Timnas Italia

"Selain keberanian dan sikap pantang menyerah, mereka memiliki akhlak dan moralitas tinggi," imbuhnya.

HNW menceritakan, para tokoh bangsa itu berasal dari suku, dan daerah yang berbeda. Selain itu, mereka  memiliki agama dan kepercayaan berbeda juga. Mereka juga  memiliki latar belakang pendidikan serta organisasi yang berlainan pula.

“Begitu besarnya keberagaman yang ada, tapi tidak tidak satupun dari mereka yang menunjukkan sifat mau menang sendiri, angkuh, tidak mau musyawarah.  Yang dimunculkan oleh mereka adalah kebersamaan, saling mengisi dengan satu tujuan Indonesia merdeka,” katanya.

Baca juga : Musda Golkar Bekasi Mesti Kedepankan Etika dan Moral

Menurut HNW, keunggulan-keunggulan yang ada pada diri pribadi masing-masing tokoh bangsa itu tidak menjadi sesuatu yang diperdebatkan.  Malah disatukan dan dijadikan kekuatan besar untuk mencapai tujuan mulia bersama. 

“Mereka benar-benar memberikan teladan bagaimana mengedepankan etika dan akhlak yang mulia,” ujarnya.

Menurut HNW, keteladanan para tokoh bangsa itu sangat hebat.  Rakyat Indonesia saat ini mesti menghormati mereka secara sungguh-sungguh.  Bayangkan, di era saat itu yang serba terbatas, serba kekurangan dan penuh kesederhanaan, mereka bisa menunjukan komitmen moral yang tinggi. HNW mengajak agar para tokoh dan generasi muda Indonesia agar bangkit.  Langkah awal bisa dimulai dengan gemar mendalami nilai-nilai luhur bangsa, sejarah Indonesia dan para tokohnya. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :