Dark/Light Mode

Peruntungan Politik Anak Mantu

Jumat, 21 Agustus 2020 05:01 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejarah jadi saksi betapa politik dan kekuasaan itu sangat menggoda. Kali ini yang jatuh tergoda putra sulung Presiden dan juga adik iparnya, sang mantu RI-1: Gibran dan Bobby. Mereka mencoba peruntungan politik dengan maju di pemilihan wali kota Solo dan di Medan. Sebuah tangga karir yang telah melambungkan ayah dan atau mertuanya di jagat perpolitikan. 

Tampilnya Gibran di Solo dan Bobby di Medan membuat kontestasi politik di dua kota itu menjadi Pilkada rasa Pilpres. Pilkada dengan perhatian nyaris seluruh Indonesia. Semua mata tertuju ke Solo dan Medan.

Baca juga : KAMI, Apaan Tuh?

Tentu bukan karena putra dan mantu Presiden. Tapi ini soal prediksi masa depan politik dinasti di Indonesia. Tentu bukan dalam makna kerajaan tapi dalam konteks tampilnya trah politik. Bertambah lagi daftar generasi kedua politik, di samping generasi ketiga trah politik. 

Trah politik Bung Karno, ada putra-putri Megawati. Juga dari garis keturunan Guntur. Dari trah Soeharto telah banyak yang mencoba peruntungan. Dari trah SBY, ada dua putranya yang sudah bersiaga. Dari trah Amien Rais, ada putra-putrinya. Juga dari Surya Paloh. Mereka menyiapkan penerus. Dan Jokowi rupanya menyiapkan penerus. 

Baca juga : Tidak Ada Resesi?

Ke depan, kontestasi politik akan diramaikan oleh nama-nama mereka. Disamping tentu nama-nama tokoh populer yang sekarang menduduki posisi di berbagai daerah. Dan mereka tak kalah prestasi dan populis. 

Satu hal yang membuat para putraputri punya optimisme karena sebagian mereka merupakan pemegang saham partai. Mereka punya veto dalam prosedur penetapan candidacy. Mereka bisa menjadi kandidat tanpa proses uji kelayakan. 

Baca juga : Sinetron Covid

Namun tentu di era demokrasi modern dan di zaman pemilihnya semakin rasional, para penerus trah politik ini harus bisa diterima pasar. Mereka tidak bisa melawan arus zaman milenial. Mereka harus bisa meyakinkan generasi yang punya influence luar biasa di publik. Mereka harus bisa melakukan engagement dengan Netizen untuk bisa memimpin negeri ini. Selamat bertarung!

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.