Dark/Light Mode

Kawal Program UPPO Dan Serahkan Alsintan

Ibas: Petani Produktif dan Sejahtera, Indonesia Maju

Senin, 26 Oktober 2020 12:35 WIB
Penyerahan bantuan alat panen padi dan pengawalan Program Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) secara virtual yang dilakukan Anggota Komisi IV DPR Edhie Baskoro Yudhoyono, di Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Magetan, Minggu (25/10). (Foto: Istimewa)
Penyerahan bantuan alat panen padi dan pengawalan Program Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) secara virtual yang dilakukan Anggota Komisi IV DPR Edhie Baskoro Yudhoyono, di Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Magetan, Minggu (25/10). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VI DPR Edhie Baskoro Yudhoyono menggelar acara Penyerahan Bantuan Alat Panen Padi dan Pengawalan Program Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) secara virtual serentak di Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Magetan, Minggu (25/10). Acara tersebut digelar dengan protokol kesehatan dan jumlah peserta dibatasi tidak lebih dari 50 orang. Tampak hadir dalam acara tersebut beberapa Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), perangkat desa, dan Dinas Pertanian Kabupaten Trenggalek. 

Dalam sambutannya via aplikasi zoom, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR ini meminta maaf tidak dapat hadir secara langsung, dikarenakan masih ada pandemi Covid-19. "Tanpa mengurangi rasa hormat, saya meminta maaf tidak dapat hadir secara fisik dengan teman-teman semua karena ada pandemi Covid-19. Lewat pertemuan virtual ini, saya berharap bisa menjadi sarana alternatif untuk merekatkan tali silaturahmi dengan Bapak/Ibu semuanya," ujar pria yang akrab disapa Ibas ini, seperti keterangan yang diterima redaksi, Senin (26/10).

Baca juga : Kementan Dukung Program KPB Lampung, Bukti Pertanian Indonesia Maju, Mandiri Dan Modern

Ibas, yang menjadi Anggota DPR/MPR dengan perolehan suara ke-6 terbesar secara nasional, mengingatkan bahwa pertanian adalah sektor vital dan krusial bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai. Oleh karena itu, Ibas akan terus mendorong pemerintah agar benar-benar memperhatikan dan berpihak kepada para petani. 

"Bidang pangan harus diarahkan untuk meningkatkan produksi pangan serta mendukung pemulihan ekonomi. Seperti membangun sarana prasarana pertanian, modernisasi alat pertanian, memperkuat korporasi petani dan distribusi pangan. Termasuk juga memperhatikan ketersediaan pupuk, subsidi, dan nilai tukar untuk petani yang tepat, agar petani untung dan sejahtera," tegas putra bungsu SBY tersebut.

Baca juga : Berkat Program SP3T Kementan, Petani Pati Diuntungkan

Dia bersyukur, saat ini sudah mulai dibangun Program UPPO untuk membantu mengoptimalkan produksi pertanian tepat guna. Selain itu, juga ada bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa mesin panen padi agar bisa memudahkan saat panen tiba.

Ibas berharap, program UPPO dan alat panen yang diberikan senantiasa dijaga, dirawat, dan dikembangkan penggunaannya agar para petani lebih produktif dan sejahtera. "Insya Allah saya akan terus kawal program pro petani ini, seperti apa yang sudah pernah dilakukan semasa pemerintahan Bapak SBY. Saya mendoakan agar hasil panen Bapak/Ibu sekalian bisa melimpah ruah, harga stabil pascapanen dan tentunya kita semua bisa melalui pandemi Covid-19 ini dengan semangat pantang menyerah," tutup Ibas. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.