Dark/Light Mode

Legislator Kota Bandung Dorong Ekraf Berdaya Finansial

Kamis, 5 November 2020 22:10 WIB
Panitia Khusus 7 DPRD Kota Bandung menerima Audiensi Koalisi Industri Kreatif Kota Bandung
Panitia Khusus 7 DPRD Kota Bandung menerima Audiensi Koalisi Industri Kreatif Kota Bandung

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi B DPRD Kota Bandung Uung Tanuwidjaja  menyatakan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengurus sektor ekonomi kreatif (ekraf) di Bandung, perlu memiliki basis yang kuat agar pengembangannya bisa berkelanjutan.

"Di tingkat kewilayahan, lembaga ekonomi kreatif masih banyak yang belum memiliki landasan yang baik dalam berwirausaha," ujar politisi Nasional Demokrat ini di Gedung DPRD Kota Bandung, Kamis (5/11)

Menurutnya, Pelaku ekonomi kreatif yang ditopang oleh OPD, harus memiliki relasi. Selain itu, para pelaku ekonomi kreatif juga harus memiliki landasan hukum, di mana saat ini DPRD sedang menyiapkan alas hukum tersebut.

Baca juga : Bobby Nasution Kantongi Surat Cinta Dari Santri

Dihubungi terpisah anggota Pansus VII DPRD Kota Bandung yang sedang membahas Perda Ekonomi Kreatif, Riana menyatakan, sektor ekonomi kreatif di kota Bandung perlu memiliki pola kerja yang terorganisasi, sehingga dapat dinikmati masyarakat dalam rangka menumbuhkan bidang usaha ke depannya.

Politisi Partai Demokrat ini menyampaikan bahwa Kota Bandung tidak memiliki sumber daya alam, namun memiliki sumber daya manusia yang dapat dimanfaatkan menjadi nilai tambah melalui ekonomi kreatif, untuk memajukan kesejahteraan masyarakat.

Dengan demikian, lanjutnya, pemerintah daerah bertanggungjawab dalam menciptakan ekosistem ekonomi kreatif, sehingga mampu memberikan kontribusi bagi perkembangan perekonomian masyarakat melalui daya saing.

Baca juga : Kawal Penyiapan SDM Unggul Dan Berdaya Saing

Ini penting guna tercapainya tujuan peningkatan daya saing usaha yang berkelanjutan.

Sebelumnya, Riana juga mengatakan ekonomi kreatif merupakan sektor andalan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kami ingin adanya landasan bersama dan pemahaman bersama dalam memperjuangkan ekonomi kreatif di masyarakat," katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.