Dark/Light Mode

Hari Pahlawan, Momentum Menebar Keteladanan

Selasa, 10 November 2020 22:47 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peringatan Hari Pahlawan harus menjadi momentum untuk menebar keteladanan, dalam berbangsa dan bernegara saat menghadapi berbagai ujian.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/11).

"Peringatan Hari Pahlawan bukan semata mengenang jasa mereka yang berjuang, untuk bangsa dan negara. Lebih dari itu, kita harus meneladani perilaku para pahlawan, dalam menghadapi berbagai ujian berbangsa," kata Lestari, yang akrab disapa Rerie.

Baca juga : Peringati Hari Pahlawan, Pertamina Kasih Harga Spesial BBM Di Sulawesi

Saat ini, masyarakat membutuhkan keteladanan dalam menyikapi berbagai perubahan norma, yang terjadi di tengah masyarakat akibat pandemi Covid-19, dan sejumlah masalah ekonomi lainnya.

"Masyarakat negeri ini sangat membutuhkan keteladanan, untuk menyikapi berbagai perubahan yang terjadi saat ini," ujar Rerie.

Menurutnya, tokoh masyarakat dan pejabat negara harus mampu menjadi teladan bagi masyarakat. Terutama, dalam menjalankan kebiasaan baru di tengah belum terkendalinya pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Baca juga : Hari Pahlawan, Sekjen LHK Ajak Masyarakat Berjuang Lawan Covid-19

"Saat ini, kita memerlukan nilai-nilai kebangsaan yang antara lain terkandung dalam nilai-nilai Pancasila, untuk keluar dari krisis ekonomi dan kesehatan. Pemerintah dan masyarakat, harus padu dalam upaya penanggulangan Covid-19, agar pertumbuhan ekonomi 5 persen pada 2021 dapat tercapai," papar Rerie.

Selain itu, stabilitas sosial politik dalam negeri juga menjadi faktor krusial bagi upaya pemulihan ekonomi.

"Upaya ini memerlukan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai kebangsaan dan keteladanan dari pemimpin dan tokoh bangsa," pungkas Rerie. [QAR]

Baca juga : Terawan Jangan Kegeeran

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.