Dark/Light Mode

Pesan LaNyalla Ke Kampus

Harus Cetak SDM Unggul

Rabu, 23 Desember 2020 07:10 WIB
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti (kiri) menerima penghargaan Widya Wiyata Dharma Samya yang diberikan oleh Rektor Unesa Prof Dr Nurhasan (kanan) di sela Rapat Terbuka Senat  Pengukuhan Profesor dan Guru Besar di Kampus Unesa. (ANTARA/HO-Istimewa/FA)
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti (kiri) menerima penghargaan Widya Wiyata Dharma Samya yang diberikan oleh Rektor Unesa Prof Dr Nurhasan (kanan) di sela Rapat Terbuka Senat  Pengukuhan Profesor dan Guru Besar di Kampus Unesa. (ANTARA/HO-Istimewa/FA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendorong perguruan tinggi mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan berdaya saing di tengah kondisi global.

Menurut LaNyalla, SDM unggul merupakan keniscayaan untuk mencapai Indonesia maju, serta menghadapi berbagai tantangan kemajuan zaman. Hal itu hanya bisa dihasilkan melalui mutu lembaga pendidikan yang juga unggul.

“Karenanya, sudah tepat bila Universitas Negeri Surabaya (Unesa) bertekad untuk satu langkah di depan,” tegas LaNyalla saat memberi orasi ilmiah Rapat Terbuka Senat pengukuhan Profesor dan Guru Besar Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur (Jatim), kemarin.

Dalam orasi bertajuk Unesa Satu Langkah di Depan, Untuk Indonesia Maju, LaNyalla juga menegaskan lima hal penting yang harus dimiliki agar perguruan tinggi tersebut mampu mencetak SDM unggul dan berdaya saing.

Baca juga : Arsenal Vs Burnley, Arteta Di Ujung Tanduk

Pertama, unggul dalam proses pelaksanaan pendidikan. Kedua, unggul dalam penelitian dan pengabdian. Ketiga, unggul dalam lulusan yang berdaya saing. Keempat, unggul dalam bidang keilmuan. Kelima, unggul dalam persaingan global.

“Persaingan dunia yang semakin ketat dan disrupsi di berbagai bidang, membutuhkan kualitas SDM yang tepat. Untuk itu, SDM yang berbudi pekerti luhur dan berkarakter kuat sangat dibutuhkan,” jelas Senator asal Jatim ini.

Selain itu, sambung dia, SDM yang menguasai keterampilan dan menguasai ilmu pengetahuan masa kini dan masa depan, juga menjadi poin penting yang harus dimiliki.

Karenanya, pendidikan harus berakar pada budaya bangsa dalam memperjuangkan kepentingan nasional, serta tanggap terhadap perubahan dunia.

Baca juga : Dewan Pakar Golkar : BPOM Harus Gercep Pastikan Vaksin Sinovac Aman

“Keluarga dan lembaga pendidikan menempati peran sentral dalam pendidikan anak-anak kita. Budi pekerti, sopan santun, toleransi dan kedisiplinan, termasuk kebiasaan antre dengan sabar dan teratur, harus kita tanamkan sejak dini,” terangnya.

Untuk tingkat pendidikan tinggi, lanjutnya, harus berani mencanangkan target tinggi. Yakni, lulusan pendidikan tinggi kita harus diperhitungkan di tingkat regional dan global. Kompetitif dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan menguasai the emerging skills.

Dengan begitu, SDM unggul akan mampu mengisi the emerging jobs dan inovatif, serta membangun the emerging business.

Karenanya, Indonesia butuh ilmu pengetahuan dan teknologi yang membuat Indonesia bisa melompat dan mendahului bangsa lain.

Baca juga : Hadapi Persaingan, Kampus UTA`45 Terus Lakukan Inovasi

Menurut LaNyalla, Indonesia butuh terobosan-terobosan, jalan pintas yang cerdik, mudah, dan cepat.

“Kita butuh inovasi-inovasi yang membalik ketidakmungkinan menjadi peluang, membuat kelemahan menjadi kekuatan, serta mengubah kesulitan menjadi kemudahan,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, LaNyalla juga mendapat penghargaan Widya Wiyata Dharma Samya yang diberikan langsung oleh Rektor Unesa Prof Nurhasan.

Penghargaan ini diberikan kepada pendidik atau lembaga yang dianggap bijaksana dan berjasa pada sesama di bidang pendidikan. [ONI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.