Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Muka Lama Bakal Isi Kabinet Baru Jepang

Rabu, 16 September 2020 15:13 WIB
Yoshihide Suga (kanan) dan Shinzo Abe. [Foto: AFP/Eugene Hoshiko]
Yoshihide Suga (kanan) dan Shinzo Abe. [Foto: AFP/Eugene Hoshiko]

RM.id  Rakyat Merdeka - Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga dikabarkan bakal mengumumkan jajaran kabinetnya paling cepat Rabu sore waktu setempat (16/9). Kemungkinan, dia tidak akan merombak total kabinet.

Dikutip Reuters, Selasa (15/9), kabinet yang akan dia bentuk akan memiliki formasi yang tidak jauh berbeda dengan peninggalan Shinzo Abe. "Tapi akan ada berbagai elemen berbeda yang diperlukan," ujar Suga.

Baca juga : Kapolri Diingatkan Tragedi 1998

Namun, bila Suga resmi menjadi PM Jepang, dia harus segera menetapkan Sekretaris Kabinet yang baru. Kabar yang beredar, dia akan menunjuk Menteri Kesehatan Katsunobu Kato sebagai Sekretaris Kabinet yang baru. Hal itu mengacu pada pertimbangan Kato, yang dekat dengan Suga dan pernah menjabat sebagai Deputi Sekretaris Kabinet.

Selain itu, Suga juga menjadikan penanganan Covid-19 sebagai salah satu fokus utamanya. "Saya perlu figur yang cocok diajak bekerjasama dan memiliki kelebihan di berbagai sektor," jelasnya.

Baca juga : Ganjar Emang Nyeleneh

Posisi Menteri Keuangan Taro Aso dan Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi diperkirakan bakal tetap diposisi mereka saat ini.

Yasutoshi Nishimura kemungkinan besar bakal ditunjuk sebagai Menteri Ekonomi. Hiroshi Kajiyama disebut akan tetap memegang posisi Menteri Perdagangan dan Industri. Shinjito Koizumi, putra bekas PM Junichiro Koizumi, bakal menjadi Menteri Lingkungan.

Baca juga : Icip-icip Steak Selera Lokal, Dari Sambal Penyet Hingga Saus Rendang

Kantor berita Kyodo melaporkan, Menteri Pertahanan Taro Kono bakal dipindahkan menjadi Menteri Dalam Negeri. Sementara Nobuo Kishi, yang merupakan adik Shinzo Abe, akan mengisi posisi Menteri Pertahanan.

Suga juga bakal menunjuk Katsunobu Kato sebagai Menteri Kesehatan. Dia dikenal publik sebagai sosok yang gigih mengatasi pandemi Covid-19. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.