Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rapsel Ali Desak Industri Otomotif Lebih Perhatian Ke Pembalap Dalam Negeri

Rabu, 10 Februari 2021 11:14 WIB
Anggota Komisi VI DPR Muhammad Rapsel Ali (Foto: Istimewa)
Anggota Komisi VI DPR Muhammad Rapsel Ali (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VI DPR yang juga Penasehat Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI) Muhammad Rapsel Ali menyentil pelaku industri otomotif. Menurutnya, perusahaan industri otomotif hanya mengeruk keuntungan tapi tidak terlalu peduli pada pembinaan dan pengembangan prestasi pembalap-pembalap Tanah Air.

Politisi Partai NasDem ini menerangkan, Indonesia merupakan pasar otomotif terbesar di dunia. Bukan hanya roda dua, tapi juga roda empat. Fakta itu harusnya bisa berbanding lurus dengan prestasi olahraga otomotif di Indonesia jika industri otomotif bisa menunjukkan perhatian lebih besar.

Baca juga : Kapolri Kunjungi KPK, DPR: Perkuat Penegakan Hukum

“Saya selaku penasehat IMI Pusat dicurhati oleh kawan-kawan di IMI bahwa sudah puluhan tahun industri otomotif mengeruk keuntungan besar di negeri ini. Namun, tidak seimbang dengan pencapaian pembinaan prestasi olahraga otomotif,” tegas Rapsel pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VI DPR dengan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Selasa (9/2).

Rapsel menambahkan, perhatian yang dilakukan industri otomotif masih sangat kecil. Sekadar untuk branded perusahaannya. “Atau hanya untuk kepentingan perusahaannya saja,” tuding anggota Dewan dari Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan 1 tersebut.

Baca juga : Legislator PKS Syahrul Aidi Minta Jalan Tol Cipali Cepat Diperbaiki

Menantu Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin itu pun menyarankan agar Komisi VI DPR segera menggelar RDP dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO). Dia memandang, perlu ada kesepakatan yang dibuat dalam rangka mengembangkan olahraga otomotif.

“Saya meminta kepada Pimpinan untuk mengadakan RDP dengan industri otomotif, baik itu roda dua maupun roda empat. Sehingga ke depan dapat dicapai kesepakatan-kesepakatan yang mampu meningkatkan pembinaan dan prestasi olahraga otomotif secara berjenjang dan berkesinambungan,” ujarnya.

Baca juga : Mana Nih, Juklak-Juknis Lumbung Pangan Dunia

Agus Gumiwang langsung merespons hal ini. Ia siap rapat dengan GAKINDO dan Komisi VI DPR. “Silakan mengundang Gakindo untuk RDPU (Rapat Dengar Pendapat Umum) bersama,” ujarnya.

Selain itu, Agus juga melontarkan harapannya agar pengurus IMI yang dipimpin Ketua MPR Bambang Soesatyo bisa menelurkan atlet-atlet berprestasi. “Peranan organisasi IMI dalam memajukan talenta Indonesia untuk bersaing dalam dunia otomotif internasional sangat penting. Selamat kepada Bambang Susatyo sebagai ketua umum pengurus pusat IMI periode 2021/2024 dan semoga IMI mampu mencetak atlet-atlet balap. Tidak hanya di kancah nasional tapi juga internasional,” ujarnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.