Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bamsoet: KKB Makan Banyak Korban, Tegas Pada Mereka Tak Langgar HAM

Rabu, 28 April 2021 20:18 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Istimewa)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Negara berkewajiban merespons tegas aksi Kelompok Kekerasan Bersenjata (KKB) Papua, yang memerangi negara selama ini. Korban KKB juga sudah banyak. Mereka sudah membunuh Kepala BIN Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha, sejumlah prajurit TNI-Polri, warga sipil, hingga pembakaran sekolah, rumah, dan properti lain milik masyarakat. 

Ketua MPR Bambang Soesatyo menegaskan, menindak tegas KKB bukanlah tindakan melanggar hak asasi manusia (HAM). "Ini bukan soal pengabaian HAM. Ini soal keselamatan rakyat. Memangnya para pembunuh rakyat tak berdosa itu peduli HAM?" tegas politisi yang akrab disapa Bamsoet ini, di Jakarta, Rabu (28/4).

Baca juga : Hari Kartini, Srikandi BNI Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran Di Tambora Jakbar

Penegasan ini disampaikan Bamsoet menanggapi pernyataan beberapa pihak yang mempermasalahkan rencana tegas pemerintah ke KKB dengan alasan pelanggaran HAM. Bamsoet menegaskan, pihak-pihak itu harusnya juga menghayati dan bersimpati kepada semua pihak yang anggota keluarganya menjadi korban kekerasan bahkan pembunuhan oleh KKB.

Ketua DPR ke-20 itu juga menegaskan, untuk keutuhan NKRI, dia siap bertanggung jawab di dunia internasional atas tindakan tegas yang dilakukan aparat ke KKB. "Yang penting, para pembunuh, anggota gerakan separatis dan teroris yang tidak peduli HAM, itu musnah dan rata dulu. Sehingga rakyat Papua bisa hidup tenang dan damai kembali. Jika ada yang mempersoalkan statement saya, soal HAM kita bicarakan kemudian. Sebagai pimpinan MPR, saya siap pasang badan dan bertanggung jawab," tegasnya.

Baca juga : Andika Kecewa Berat

Bamsoet menambahkan, jika pihak-pihak tadi mengaku selalu memperjuangkan keadilan, seharusnya mereka juga bersimpati kepada negara dan semua keluarga korban kekerasan dan pembunuhan oleh KKB. "Bukan hanya bersimpati kepada KKB dan membela HAM mereka," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.