Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ajak Ketua MPR

Pemilu Sudah Selesai, Yuk Kita Rajut Kembali Merah Putih

Jumat, 19 April 2019 22:49 WIB
Ketua MPR Zulkifli Hasan. (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Zulkifli Hasan. (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah melalui proses kampanye panjang selama delapan bulan, akhirnya Indonesia sukses menjalankan Pemilu dengan damai dan tertib. Ketua MPR Zulkifli Hasan bersyukur dengan keberhasilan ini.

Politisi asal Lampung itu juga bersyukur, sampai hari ini, situasi di tengah masyarakat masih aman dan kondusif. Tidak ada gejolak berarti. Dia mengajak seluruh rakyat, pimpinan partai politik, dan penyelenggara Pemilu, untuk bersama-sama menjaga dan mempertahankan kondisi aman ini sampai pengumuman hasil Pemilu, 22 Mei nanti.

“Kondisi aman dan kondusif harus terus dipelihara,” ucapnya, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.

Baca juga : JK: Pilpres Sudah Selesai, Ayo Rekonsiliasi!

Dia juga mengajak seluruh masyarakat untuk melupakan segala perbedaan sikap yang terjadi selama kampanye lalu. Masyarakat harus kembali bersatu. Siapa pun presiden dan wakil presiden yang terpilih.

“Pemilu akan sukses apabila kita mampu kembali merajut merah putih. Siapa pun yang menang dalam Pemilu, harus bisa menyatukan Indonesia,” kata Ketua Umum PAN ini.

Mengenai hasil Pemilu, Zulkifli mengajak semua pihak untuk bersabar. Bangsa Indonesia mempunyai sistem penghitungan suara yang ditentukan dan diputuskan KPU.

Baca juga : Hoaks Hasil Pemilu Luar Negeri, Erick Duga Ada Rekayasa

“Kita perlu bersabar menunggu keputusan KPU. Kita tunggu real count-nya,” ucap Zulkifli.

Untuk KPU, dia meminta untuk mempercepat penghitungan suara hasil Pemilu. Agar kepastian segera didapat. “Saya imbau agar KPU segera melaksanakan tugas,” imbuhnya.

Bila ada kecurigaan dari salah satu pihak, dia meminta agar Bawaslu dan aparat terkait segera merespons. Agar tidak terjadi kesalahpahaman. “Bawaslu dan aparat terkait harap segera merespons bila ada hal yang demikian,” ucapnya.

Baca juga : Basuki Sabet Penghargaan Tokoh Infrastruktur Merah Putih

Untuk pemenang Pemilu nanti, berapa pun jumlah suara yang diperoleh, Zulkifli berpesan agar bisa menjadi pemimpin bangsa, pemimpin seluruh rakyat Indonesia. Jangan ada sikap yang membeda-bedakan masyarakat. Antara pendukung dan bukan pendukung.

“Sukses Pemilu bukan siapa yang terpilih tetapi apakah kita mampu merajut kembali merah putih, mempersatukan perbedaan. Ayo kita jaga persatuan,” tandasnya. ONI

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.