Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wakil Ketua MPR : Demokrasi Kita Sedang Menuju Titik Ideal

Minggu, 10 Februari 2019 06:22 WIB
Wakil Ketua MPR RI Mahyudin. (Foto : istimewa)
Wakil Ketua MPR RI Mahyudin. (Foto : istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Mahyudin optimistis melihat perkembangan demokrasi yang terjadi di Indonesia. Bagi politisi Partai Golkar ini, demokrasi Indonesia sedang menuju titik ideal.

Salah satu indikator demokrasi Indonesia sedang menuju ideal adalah dilaksanakan Pilpres secara langsung. Dengan sistem seperti ini, setiap anak bangsa punya peluang untuk menjadi presiden.

“Dulu, presiden dipilih anggota MPR. Sekarang, dipilih langsung oleh rakyat. Dalam Pemilu Presiden, masa jabatan seseorang untuk menjadi presiden dibatasi dua periode. Berbeda pada masa sebelum era reformasi,” ungkapnya dalam Empat Pilar MPR, di Aula Serbaguna Kantor Camat Loa Janan, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, kemarin.

Baca juga : Demokrasi Kita Sedang Menuju Sebuah Titik Ideal

Mahyudin kemudian menceritakan perjalanan Barack Obama, yang berasal dari kalangan minoritas di Amerika Serikat, bisa menjadi presiden di negara adikuasa tersebut. Nah, di Indonesia juga saat ini seperti itu.

Dia yakin, di suatu saat, ada presiden Indonesia yang datang dari kelompok kecil. Tidak selalu dari Jawa. “Bisa saja nanti ada presiden dari Kalimantan Timur. Mungkin ia dari pelajar yang hadir dalam acara ini,” katanya.

Soal Pilpres saat ini, ia berharap agar masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan cara elegan. Tanpa mencaci maki, memfitnah, dan menyebar hoaks kepada calon presiden. “Mau memilih siapa saja, silakan,” ucapnya.

Baca juga : Setan Merah Menakutkan

Di tempat terpisah, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengajak umat Islam berpartisipasi aktif dalam Pemilu nanti. Sebab, ikut memilih dalam Pemilu merupakan salah satu bentuk upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut politisi yang akrab disapa HNW ini, ikut Pemilu saat ini nilainya sama seperti perjuangan pahlawan zaman dulu dalam merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan para penjajah.

“Negara ini lahir berkat perjuangan para ulama dan pejuang- pejuang lainnya. Karena itu, kita harus jaga. Agar bisa diwariskan pada generasi yang akan datang,” ucap Hidayat saat memberikan Sosialisasi Empat Pilar MPR di kalangan masyarakat Tebet, di Aula Masjid Al Ikhlas, Jalan Raya Mandala I, Menteng Dalam Tebet, Jakarta Selatan, kemarin.

Baca juga : Tantangan Menyejahterakan Masyarakat, Perpecahan & Korupsi

Sosialisasi terlaksana berkat kerja sama MPR dengan Perguruan Silat Gerak Oray Indonesia. Untuk masyarakat Muslim, kata Hidayat, menjaga keutuhan NKRI itu sangat penting. Sebab, masyarakat Muslim punya saham besar dalam membentuk NKRI. Sebagian besar pejuang melawan penjajah adalah umat Muslim.

Sayangnya, sesal dia, saat ini banyak stigma kurang baik terhadap umat Muslim. Bahkan ada ketakutan dari sebagian masyarakat terhadap kekuatan umat Muslim. Salah satunya, takut dengan teriakan takbir.

Padahal, kata Hidayat, takbir adalah sesuatu yang baik. Takbir bagian dari panggilan salat. Setiap hari, lima kali azan berkumandang, di dalamnya ada takbir. Selain itu, pada zaman perjuangan, takbir merupakan penyemangat bagi pejuang untuk terus maju, tanpa rasa takut. [ONI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :