Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Puan Serukan Pencarian Korban KMP Yunicee Terus Dilakukan

Rabu, 30 Juni 2021 00:09 WIB
Puan Maharani (Foto: Ist)
Puan Maharani (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR Puan Maharani meminta otoritas terkait terus mencari penumpang korban Kapal Feri Penyeberangan (KMP) Yunicee, yang dilaporkan tenggelam di perairan kawasan Pelabuhan Gilimanuk, Bali, pada Selasa (29/6) malam.

"Kami berdukacita sedalam-dalamnya untuk para korban dan keluarga. Semoga para korban dan keluarganya diberi kekuatan untuk segera pulih dari luka dan duka. Saya meminta pemerintah untuk terus melakukan pencarian terhadap korban tenggelamnya kapal tersebut," kata Puan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Baca juga : 6 Jenazah Korban Tenggelamnya KMP Yunice Di Selat Bali Ditemukan

Puan mengatakan, otoritas berwenang harus mencari tahu penyebab tenggelamnya KMP Yunicee. Dan evaluasi harus dilakukan untuk memperbaiki tata kelola angkutan kapal yang menjadi sarana transportasi masyarakat.

Menurut dia, peraturan kelayakan kapal dan peraturan keselamatan kapal harus ditaati sepenuhnya. Serta memastikan anak buah kapal (ABK) harus terlatih dengan baik saat menghadapi situasi darurat.

Baca juga : Kemenhub Instruksikan Tes Acak Terus Dilanjutkan

"Ke depannya, transportasi di laut harus lebih aman dan nyaman, harus lebih siap mengantisipasi dan proses evakuasi penumpang jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Sebelumnya, KMP Yunicee yang hendak bersandar di Pelabuhan Gilimanuk terbalik dan tenggelam pada Selasa (29/6) sekitar pukul 19.20 WITA.

Baca juga : Adian: Desakan Penghentian Genose Terlalu Mengada-ada

Data manifes KMP Yunicee ada sebanyak 41 penumpang, ABK 13 orang, dan petugas kantin 3 orang.

Namun hingga saat ini korban yang berhasil dievakuasi sebanyak 59 orang, baik dalam keadaan selamat maupun meninggal dunia. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.