Dark/Light Mode

Pesan Bamsoet Ke FKPPI

Taat PPKM Darurat, Prokes Dan Ikut Vaksinasi Bagian Bela Negara

Selasa, 13 Juli 2021 17:13 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR yang juga menjabat Kepala Badan Bela Negara FKPPI Bambang Soesatyo menegaskan, ketaatan masyarakat menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan protokol kesehatan serta kesediaan mengikuti vaksinasi Covid-19, merupakan cerminan bela negara di masa pandemi Covid-19. Sebab, dengan langkah tersebut, masyarakat tidak hanya melindungi diri, keluarga serta anggota masyarakat, tapi juga turut mencegah kehancuran negara.

"Keluarga Besar Forum Komunikasi Putra-Putri TNI-Polri dan Putra-Putri Purnawirawan TNI-Polri (KB FKPPI) di berbagai daerah harus menjadi teladan bagi setiap anggota masyarakat sekitar. Karena jika pandemi Covid-19 ini terus berlarut akibat masyarakat tidak taat PPKM Darurat, tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan, serta menghindari vaksinasi, selain menyebabkan jatuhnya korban jiwa juga akan menyebabkan krisis ekonomi, sosial, dan politik yang berkepanjangan. Jika dibiarkan terus berlarut, akan membuat Indonesia semakin hancur," pesan Bamsoet, sapaan akrab Bambang, dalam acara Sapa Pengurus Cabang KB FKPPI, secara virtual dari Jakarta, Selasa (13/7).

Baca juga : Tindak Truk ODOL Seliweran Di Jalan!

Acara ini turut dihadiri Ketua Umum KB FKPPI Pontjo Sutowo, Sekjen KB FKPPI Anna Legawati, Menteri Pertanian/Wakil Ketua Umum KB FKPPI Syahrul Yasin Limpo, Satgas Opspus Aman Nusa II Baharkam Polri Kombes Iwan Setyawan, Wakil Kepala Badan Bela Negara KB FKPPI Devi Andita, Bendahara Badan Bela Negara KB FKPPI Herya Fitri serta Pengurus Daerah FKPPI Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, dan Kepri. 

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, kegiatan Sapa Pengurus Cabang KB FKPPI akan rutin diadakan pada hari Selasa dan Kamis, setiap pukul 14.00-16.00 WIB. Dimulai pada Selasa (13/7) dan berakhir pada Kamis (5/8). Sehingga bisa menyapa seluruh pengurus cabang KB FKPPI dari Sabang hingga Merauke, dalam rangka konsolidasi organisasi KB FKPPI terkait ranah tata nilai (pembangunan jiwa), ranah tata kelola, dan ranah tata sejahtera (pembangunan jasmani).

Baca juga : Kimia Farma Tunda Layanan Vaksinasi Covid-19 Berbayar

Acara ini juga sekaligus mengkonsolidasikan kekuatan sosial pengurus cabang KB FKPPI dengan Kodam dan Polda di daerahnya masing-masing dalam rangka menjaga kedaulatan dan persatuan bangsa. Khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19, yang saat ini masih menjadi momok persoalan bangsa. “Mengatasinya, perlu gotong royong semua elemen bangsa," jelas Bamsoet.

Mantan Ketua Komisi III DPR ini juga mengajak Pemerintah bersama personil TNI-Polri lebih bijaksana dalam menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM Darurat). Khususnya, dalam menyikapi masyarakat yang masih membuka warung atau tempat berjualan sebagai mata pencaharian.

Baca juga : Menteri Basuki Lapor Ke Jokowi Soal RS Darurat Di DKI Jakarta

"Sesuai ketentuan PPKM Darurat, warung tetap diperbolehkan beroperasi dengan catatan tidak menimbulkan kerumunan dan tidak menyediakan makan di tempat. Makanan atau jualan yang dijual bisa dibungkus (take away). Para pelaku usaha warung maupun usaha mikro lainnya, mereka tidak memiliki gaji bulanan. Melainkan mengandalkan pendapatan harian dari berjualan, karenanya tidak boleh ditutup begitu saja," ucap Bamsoet.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.