Dark/Light Mode

Ekonomi Indonesia Tumbuh 7,07 Persen

Senayan Puji Kinerja Airlangga Cs

Minggu, 8 Agustus 2021 07:05 WIB
Ketua Fraksi Partai Golkar MPR Idris Laena. (Foto: MPR)
Ketua Fraksi Partai Golkar MPR Idris Laena. (Foto: MPR)

 Sebelumnya 
“Di kuartal III ini sebagai akibat merebaknya varian Delta, kita lihat tingkat kasus aktif di kuartal III naik di atas 500 ribu. Sehingga tentu di kuartal III kita lihat pertumbuhan ekonomi akan terdampak,” tuturnya.

Mantan Menteri Perindustrian ini menjelaskan, ekonomi Indonesia bisa tumbuh 7,07 persen di kuartal II-2021 ketika kasus aktif Covid-19 di bawah 100 ribu. Sementara saat ini di awal kuartal III-2021 kasus aktif sudah tembus di atas 500 ribu.

Baca juga : ISEI Ramal Ekonomi Tahun Ini Tumbuh 4,3 Persen

Dia yakin, jika kasus aktif Covid-19 bisa ditekan, maka laju ekonomi yang terdampak pada kuartal III, bisa digenjot kembali pada kuartal IV-2021. Pemerintah, jelas Airlangga, mendorong PPKM level 4 dan 3 tergantung disiplin masyarakat. Ini diharapkan Pemerintah mendorong vaksinasi pada Agustus.

“Pemerintah tentu di sektor hilir meningkatkan kapasitas RS dan ketersediaan obat-obatan dan tenaga kesehatan,” tandas periah penghargaan 56th Lee Kuan Yew Exchange Fellow 2017 ini.

Baca juga : Para Menteri Bahagia, Juga Waspada Lho

Sementara, Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Muhidin M Said juga memuji kerja keras tim ekonomi Jokowi. Politisi senior Partai Golkar ini mengatakan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal dua tahun ini sudah sesuai target yang ditetapkan Presiden Jokowi bersama tim ekonomi yang dipimpin Airlangga Hartarto. Pemulihan ekonomi akan semakin menjanjikan.

Pulihnya kepercayaan publik terhadap ekonomi nasional, lanjutnya, tidak bisa dilepaskan dari gencarnya program vaksinasi nasional dan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.