Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kurangi Ketergantungan Impor

Senayan Minta Farmasi Lokal Penuhi Kebutuhan Obat Covid

Jumat, 13 Agustus 2021 07:05 WIB
Anggota Fraksi PKS DPR Netty Prasetiyani Heryawan. (Foto: Dok. DPR)
Anggota Fraksi PKS DPR Netty Prasetiyani Heryawan. (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan mengingatkan pentingnya pasokan obat-obatan dan vitamin ke masyarakat dengan harga terjangkau selama pandemi. Hal itu kudu bisa dipenuhi dari industri farmasi lokal, tidak bergantung pada impor.

Anggota Fraksi PKS DPR Netty Prasetiyani Heryawan mengatakan, industri farmasi dalam negeri seharusnya mampu memproduksi obat Covid. “Situasi pandemi di mana obat-obatan sangat dibutuhkan, tentu berat jika kita bergantung pada impor. Industri farmasi dalam negeri harus mampu memproduksi sendiri dengan jumlah memadai,” tegas Netty, kemarin.

Baca juga : Jubir Jelaskan Pernyataan Wapres Soal Meninggalnya Ulama

Netty bisa memaklumi jika beberapa obat untuk keperluan penanganan Covid-19 terpaksa harus diimpor lantaran belum dapat diproduksi di dalam negeri.

Namun wanti, impor obat tersebut dilakukan hanya untuk memenuhi kebutuhan mendesak dan dalam rangka menyelamatkan rakyat. “Jadi impor bukan untuk kepentingan bisnis,” tegasnya.

Baca juga : Dokter Tigor Silaban, Malaikat Penolong di Pedalaman Papua, Wafat Akibat Covid-19

Oleh karena itu, dia meminta agar riset-riset untuk obat dan vaksin Covid-19 harus terus digalakkan. Sulit bagi Indonesia keluar dari pandemi jika terlalu mengandalkan impor untuk pemenuhan obat-obatan di masyarakat. Sementara di satu sisi, varian Covid-19 ini terus berkembang sehingga tidak tahu kapan pandemi ini bisa berakhir.

Netty meminta, kebijakan impor untuk farmasi ini telah melalui pemeriksaan yang teliti. Harus dipastikan bahwa impor obat ini dilakukan telah melalui pemeriksaan dan tidak ada persoalan dalam jalur distribusi. Hal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya penimbunan yang dapat berdampak pada kelangkaan dan tingginya harga obat-obatan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.