Dark/Light Mode

Internet Masih Susah Sinyal & Mahal

Senayan: Segera Wujudkan Kemerdekaan Akses Digital

Senin, 23 Agustus 2021 07:17 WIB
Anggota Komisi VI DPR, I Nyoman Parta. (Foto: Istimewa)
Anggota Komisi VI DPR, I Nyoman Parta. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan mendorong perluasan akses internet bagi masyarakat dengan harga terjangkau. Di masa pandemi, akses internet mestinya bisa dimanfaatkan semua kalangan, bukan hanya masyarakat ekonomi menengah ke atas.

Anggota Komisi VI DPR, I Nyoman Parta mengatakan, saat ini sekolah daring dan bekerja di rumah butuh akses internet untuk semua orang. Bukan cuma masyarakat dengan kantong tebal saja.

Baca juga : Perjuangan Pakistan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

“Ini maksud dari cita-cita kita soal kemerdekaan akses digital yang digaungkan Pemerintah,” kata Nyoman dalam keterangannya di Jakarta, kemarin.

Sayangnya, politisi PDI Perjuangan ini melihat hal ini masih jauh dari harapan. Banyak warga di daerah pemilihannya, Provinsi Bali, mengeluhkan tarif internet mahal. Mereka protes lantaran pihak perusahaan penyedia jaringan internet mengenakan harga pemasangan instalasi cukup tinggi.

Baca juga : Bamsoet Ajak Publik Wujudkan Kemerdekaan Di Semua Sektor

Menurut Nyoman, warga di Gianyar, Bali keberatan dengan harga pemasangan instalasi Wi-Fi yang tadinya hanya Rp 150.000, kini melonjak naik tinggi menjadi Rp 550.000. Kenaikan harga ini malah terjadi saat masyarakat kesusahan akibat pandemi Covid-19. “Rakyat lagi susah kenapa harus naik harga pasangnya?” herannya.

Nyoman mengatakan, harusnya perusahaan penyedia akses internet memahami bahwa pandemi ini telah memukul perekonomian masyarakat. Di satu sisi, akses internet ini sangat dibutuhkan mengingat banyak anak sekolah saat ini harus belajar secara online adanya kebijakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.