Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pembelajaran Tatap Muka Dimulai

Lestari: Perkuat Komunikasi Antar Orangtua Dan Sekolah

Senin, 30 Agustus 2021 15:41 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Ist)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di masa pandemi menuntut kerja sama yang baik antara guru dan pengelola sekolah dengan orangtua murid.

"Di kawasan sekolah para guru dan pengelola sekolah menjadi penanggung jawab pelaksanaan belajar mengajar dengan protokol kesehatan yang ketat. Namun, di rumah, dalam perjalanan berangkat dan pulang sekolah keselamatan siswa sepenuhnya menjadi tanggung jawab orangtua murid," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/8).

Seperti diketahui, seiring dengan menurunnya PPKM menjadi level 3, sejunlah 610 sekolah di DKI Jakarta melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat mulai hari ini.

Baca juga : Menaker Ingatkan Kompetensi Pekerja

Menurut Lestari, dalam pelaksanaan PTM di masa pandemi Covid-19 ini perlu dipikirkan langkah yang tepat untuk memastikan keamanan siswa saat berangkat dan pulang sekolah. Selain itu, tambah Rerie, sapaan akrab Lestari, keterbukaan setiap keluarga terhadap guru dan pengelola sekolah juga harus ditingkatkan.

Sebagai contoh, jelas Rerie, bila ada anggota keluarga yang terpapar Covid-19 bisa segera diinformasikan kepada guru. Agar siswa yang berstatus kontak erat dari keluarga yang terpapar Covid-19 tersebut tidak perlu berangkat ke sekolah.

Komunikasi yang baik antara orangtua dan guru, ujar anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu, bisa juga dimanfaatkan untuk memperluas cakupan vaksinasi Covid-19 bila ada keluarga yang belum mendapatkan vaksin Covid-19.

Baca juga : Orangtua Girang Sekolah Di DKI Akan Dibuka Lagi

"Berbagai upaya dalam membangun komunikasi yang baik antara orangtua murid dan guru harus terus dilakukan secara konsisten agar pelaksanaan PTM di masa pandemi Covid-19 bisa berjalan sesuai dengan rencana," katanya.

Jadi, ujar Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, dilaksanakannya PTM bukan berarti tanggung jawab orang tua berkurang, tetapi justru harus lebih intensif dalam mengawasi putra-putri mereka.

"Berbagai upaya tersebut, jelas Rerie, merupakan bagian dari upaya adaptasi untuk menekan potensi learning loss yang mengancam para siswa di masa pandemi ini," pungkasnya. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.