Dark/Light Mode

Bank Mandiri Perkuat Layanan Digital Keuangan ITB

Kamis, 5 Agustus 2021 12:33 WIB
Bank Mandiri. (Foto: ist)
Bank Mandiri. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan layanan perbankan berbasis digital, guna memperkuat pengelolaan keuangan Institut Teknologi Bandung (ITB). Harapannya, sinergi ini akan memudahkan ITB dalam monitoring aktivitas finansial dan pengambilan keputusan di masa pandemi ini.  

Senior Vice President (SVP) Government and Institutional I Bank Mandiri, Dadang Ramadhan P mengatakan, melalui sinergi ini, Bank Mandiri ingin menjadi mitra finansial utama pilihan nasabah dengan inovasi layanan dan produk keuangan digital terbaik. Agar dapat tumbuh dan bangkit bersama.

"Kami berharap, layanan Digital Platform Keuangan ini akan dapat meningkatkan good corporate governance. Serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya finansial ITB secara efisien dalam mendukung berbagai aktivitas civitas akademika ITB," ucapnya dalam keterangan resmi, Kamis (5/8).

Baca juga : Kemensos Respon Cepat Kasus Anak Ditinggal Orangtua Karena Covid

Sementara, SVP Transaction Banking Wholesale Bank Mandiri Tri Nugroho menjelaskan, sinergi itu juga mencakup kesepakatan terkait pengembangan teknologi, upaya melakukan percepatan, menjaga keamanan dan menciptakan nilai tambah.

“Secara prinsip kami akan mendukung pengembangan untuk mempermudah rekonsiliasi penerimaan, mempermudah pembayaran yang dilakukan, serta pengelolaan liquidity,” kata Tri.

Fokus terhadap pengembangan teknologi dan digitalisasi juga disampaikan Regional Chief Executive Officer (CEO) VI/Jawa I Bank Mandiri Sulaeman. Menurutnya, Bank Mandiri berkomitmen untuk selalu mendukung layanan perbankan di ITB, serta dapat terus meningkatkan kerja sama lainnya terkait pengembangan teknologi.

Baca juga : Fokus Layanan Digital Keuangan, Amar Bank Kantongi Laba Rp 2 M

Kerja sama ini kata Suleman, akan melengkapi beberapa solusi dan layanan yang sudah berjalan di ITB. Beberapa di antaranya, Solusi Mandiri Bill Collection (MBC) Host to Host untuk pembayaran biaya pendidikan, Mandiri Cash Management (MCM), ID Card e-money Co Branding, Host to Host Payment, Mandiri Smart Account (MSA), penyediaan Electronic Data Capture (EDC), serta kantor cabang dan ATM di lingkungan kampus ITB.

Wakil Rektor II ITB, Muhammad Abduh mengaku, inovasi layanan perbankan berbasis digital yang terintegrasi bertajuk Mandiri Master Campus ini, sangat membantu ITB dalam mengeksekusi program-program kerja yang telah ditetapkan.

Ia menjelaskan, dalam Statuta ITB, Rektor memang memiliki fungsi untuk pengelolaan keuangan secara terintegrasi. Sistem yang berbasis digital diharapkan dapat membantu proses operasional dan investasi di ITB. Mulai dari perencanaan sampai dengan monitoring menjadi lebih mudah dan transparan.

Baca juga : Pembangkit Biogas Pasir Mandoge Perkuat Listrik Sumatera Utara

"Layanan yang diberikan dapat terus berkembang sesuai kebutuhan dan memberikan nilai tambah masing-masing pihak," pungkasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.