Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

HNW: Islam Hormati Dan Dukung Pemberdayaan Perempuan

Senin, 13 September 2021 17:41 WIB
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. (Foto: Ist)
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menegaskan, Islam sangat menghormati dan memajukan perempuan. Penghormatan Islam terhadap kaum perempuan, berlaku baik dalam kehidupan pribadi maupun publik.

Karenanya, PKS sebagai Partai Islam yang mengusung konsep rahmatan lilalamin  berkomitmen menjadi pelopor untuk terlaksananya cita-cita nasional, sesuai Pembukaan UUD 45. Selain mendukung bapak-bapak bangsa dan ulama untuk mendapat pengakuan sebagai pahlawan nasional, juga mendukung agar Ibu bangsa, tokoh perempuan termasuk ulama perempuan, memperoleh anugerah yang sama, sebagai Pahlawan Nasional.

Baca juga : Menteri Bintang Serukan Tidak Ada Diskriminasi Pekerja Perempuan

"Karenanya PKS juga mendukung pemberian gelar Pahlawan Nasional untuk Rahmah El Yunusiah. Beliau adalah pejuang kemerdekaan dan tokoh perempuan nasional dari Padang Panjang, Sumatra Barat," demikian disampaikan Hidayat dalam sambutannya secara virtual dalam acara Diklat Tokoh Perempuan yang diselenggarakan DPW PKS DKI Jakarta, Minggu (12/9).

Pembelaan kepada pemenuhan hak-hak perempuan, kata HNW, sapaan akrab Hidayat Nur Wahid, juga terus dilakukan oleh anggota PKS di parlemen. Sebagai anggota komisi VIII DPR, mitra Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP dan PA), HNW terus mengadvokasi dan mendukung perjuangan kaum perempuan dengan usulan penguatan status dan anggaran bagi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Baca juga : 114 Kabupaten Komitmen Dukung Kelanjutan Program Pamsimas

"Agar kementerian yang mengurusi perempuan dan anak-anak, sebagai kelompok mayoritas penduduk Indonesia, dan penentu masa depan bangsa, supaya  ditingkatkan kewenangan dan statusnya tidak hanya sebagai kementerian koordinatif dengan kewenangan dan anggaran yang sangat rendah. Melainkan dan seharusnya diperkuat agar menjadi kementerian teknis, setara dengan Kemenpora, Kementan, dan lain-lain," usul HNW.

Wakil Ketua Majelis Syura PKS ini menegaskan, sejak awal Islam telah mengajarkan memuliakan dan memberdayakan kaum perempuan. Hal itu bisa dilihat secara nyata dalam praktek yang dilakukan oleh ummul mukminin atau para istri Rasulullah SAW seperti Khadijah, Aisyah, hingga Ummu Salamah.

Baca juga : Sustainability Festival 2021, Dukung Pelaporan Berkelanjutan

Karena itu, anggota DPR RI Dapil DKI Jakarta II ini juga menyampaikan pentingnya penguatan peran dan kedudukan kaum perempuan di tengah umat Islam. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.