Dark/Light Mode

Rasio Timpang, Ketua DPD RI Minta Pemerintah Menambah SDM Dokter

Selasa, 21 September 2021 20:57 WIB
Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti. (Foto: Humas DPD)
Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti. (Foto: Humas DPD)

 Sebelumnya 
Ditambahkan LaNyalla, jika hari ini saja jumlah dokter umum dan dokter spesialis tak ideal jika dibandingkan dengan jumlah penduduk, maka dapat dibayangkan seandainya para dokter memasuki masa pensiun.

"Kalau tidak dipersiapkan sejak sekarang kondisi ini akan lebih parah dan kita bisa memasuki masa defisit dokter dan kolapsnya pelayanan kesehatan," wanti-wantinya.

Baca juga : Wakil Ketua MPR Minta Aparat Tumpas KKB Hingga Ke Akar

LaNyalla juga meminta pemerintah berkaca pada kasus lonjakan Covid-19 pada Juli lalu. Saat itu, dokter dan tenaga kesehatan kewalahan menghadapi pasien.

Senator asal Jawa Timur itu juga mengingatkan perlunya pembaruan dan peningkatan kualitas lulusan dokter sehingga lebih kompetitif. Hal ini harus diikuti dengan skema biaya studi yang bisa terjangkau.

Baca juga : Investor EBT Minta Pemerintah Kebut Regulasi

"Harus dipikirkan adalah soal pendanaan bagi calon dokter. Karena bukan rahasia jika fakultas kedokteran selain susah masuk juga mahal biaya studinya. Perlu normalisasi biaya agar menumbuhkan minat calon mahasiswa masuk fakultas kedokteran. Juga agar dokter umum banyak yang kemudian mengambil spesialisasi," tandas LaNyalla. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.