Dark/Light Mode

PPP Minta Direksi Merger Pelindo Diisi Sosok Berpengalaman

Kamis, 30 September 2021 18:33 WIB
Sekretaris Fraksi PPP DPR, Achmad Baidowi. (Foto: ist)
Sekretaris Fraksi PPP DPR, Achmad Baidowi. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Fraksi PPP DPR, Achmad Baidowi menyambut baik rencana merger Pelindo. Menurutnya merger akan membuat kinerja perusahaan ini memiliki standar yang sama dalam mengelola pelabuhan di Indonesia.

“Pelindo bisa meningkatkan kinerja layanan pelabuhan secara terintegrasi sehingga membuat pengguna jasa bisa menikmati layanan yang sama di semua pelabuhan di Indonesia,” kata Awiek, sapaan akrab Baidhowi, Kamis (30/9)

Baca juga : Jokowi Minta Vaksinasi Pelajar Di Banten Segera Dituntaskan

Untuk memastikan bahwa kinerja layanan pelabuhan bisa meningkat secara konsisten, dia meminta Kementerian BUMN selektif dalam memilih jajaran direksi, khususnya posisi Direktur Utama (Dirut).

Ada beberapa syarat yang menurutnya perlu dimiliki Dirut Pelindo yang baru. Pertama, ia harus pengalaman dalam jasa layanan pelabuhan. Sehingga tidak perlu beradaptasi lebih lama saat memimpin merger Pelindo yang membutuhkan akselerasi cepat.

Baca juga : Gus Jazil Minta Revolusi Mental Mulai Diterapkan Sejak Bangku Kuliah

Kedua, Dirut Pelindo harus bisa mengerti dan mampu melakukan konsolidasi bisnis dan menentukan arah kebijakan yang progresif agar mampu bersaing dengan pelabuhan-pelabuhan internasional lainnya. “Sehingga bisa meningkatkan daya saing logistik Indonesia,” ujar anggota Komisi VI DPR itu.

Hal lain yang tak tak kalah penting, Dirut harus mempunyai hubungan yang baik dengan semua karyawan Pelindo yang jumlahnya ribuan orang. Tidak boleh ada pemutusan hubungan kerja di semua unit perusahaan baik yang sebelumnya berinduk pada Pelindo I hingga Pelindo IV.

Baca juga : Gembleng Komunitas Tuli Gresik, Pertagas Gelar Pelatihan Sablon

“Dirut harus mampu memastikan propabilitas perusahaan tidak terpecah dan memaksimalkan peran SDM yang ada agar bisa saling menyempurnakan kekurangan yang ada,” pungkas Baidowi. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.